Harga Sejumlah Sembako di Baubau Mulai Naik

87
H. La Ode Ali Hasan

BAUBAU, Rubriksultra.com- Harga sejumlah komoditi sembilan bahan pokok (Sembako) di Kota Baubau mulai merangkak naik. Kenaikan harga ditengarai karena meningkatnya permintaan selama puasa ramadan 1442 Hijiriah.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Baubau, H. La Ode Ali Hasan menyebut, sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan, yakni minyak goreng dan telur. Minyak goreng naik dari Rp 16 ribu menjadi Rp 17 ribu per liter.

- Advertisement -
 

Sementara telur naik hingga Rp 4 ribu, dari sebelumnya Rp 46 ribu per rak menjadi Rp 50 ribu per rak.

“Kenaikan harga dua komoditi tersebut masih terbilang wajar. Tidak wajar itu kecuali naik hingga 20 persen,” kata H. La Ode Ali Hasan, di kantornya, Senin 19 April 2021.

Kata dia, kenaikan harga dua komoditas tersebut telah terjadi sejak awal April. Menurutnya, kenaikan bukan hanya terjadi di Kota Baubau, namun hal itu terjadi secara nasional.

“Untuk harga komoditi lain yang ada di pasaran, kami pantau masih stabil,” katanya.

Agar kenaikan harga tidak terlalu signifikan sepanjang ramadan dan menjelang Idul Fitri, pihaknya akan terus berupaya menstabilkan harga. Caranya dengan menjamin kelancaran distribusi dan ketersediaan stok.

“Jadi sampai saat ini untuk stok sembako di tingkat distributor masih terbilang aman. Kita juga sementara menyusun rencana untuk dilakukan operasi pasar,” tutupnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Pemuda Pilar Pembangunan