Ikut Pameran HPN 2022, Busel Unggulkan Kaopi’ku dan Kopi Rongi

138
Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, saat mengunjungi stand pameran Pemkab Buton Selatan. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) turut serta mempromosikan produk unggulan daerah di pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sultra, 6 hingga 9 Februari 2022. Stand Pemkab Busel langsung disambangi Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari.

Pada pameran tersebut, Kaopi’ku dan Kopi Rongi merupakan produk unggulan dari sejumlah produk UMKM yang ditampilkan Pemkab Busel. Hal itu diungkapkan Bupati Busel, H. La Ode Arusani, melalui Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, La Hardin, S.Pd, M.M, saat ditemui mengawal stand Busel di kawasan eks MTQ Kendari, Minggu 6 Februari 2022.

“Untuk UMKM perhatian Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani sangat besar. Beliau tidak tanggung-tanggung memberikan bantuan berupa alat penunjang untuk UMKM. Sehingga pada pameran HPN 2022 sekarang ini seperti yang terlihat di stand kita ada kurang lebih 50 produk dan yang kami unggulkan adalah Kaopi’ku dan Kopi Rongi,” ungkapnya.

-Advertisements-

Dijelaskannya, Kaopi’ku merupakan sebuah brand dari tepung singkong instan yang diproses dan dikemas secara modern tanpa bahan pengawet namun dapat bertahan hingga beberapa bulan. Sehingga sangat efektif sebagai bahan baku membuat panganan tradisional yang berbahan dasar singkong.

“Alhamdulillah Ketua PWI Pusat juga langsung mencicipi kuliner Tuli-tuli hasil dari Kaopi’ku,” sebutnya.

Sedangkan Kopi Rongi, merupakan bubuk kopi siap saji yang diproses langsung dari tanaman kopi robusta yang ada di Desa Sandang Pangan atau kampung Rongi. Kenikmatan rasanya berbeda dengan kopi robusta di daerah lain, sebab Kopi Rongi diolah secara tradisional.

Selain kedua produk unggulan tersebut lanjut dia, sejumlah produk jenis kuliner lainnya yang dipajang yakni produk siap saji Bawang Goreng DZ Khas Lande dan Kopi Hendea yang telah terdaftar dan memiliki izin edar.

Baca Juga :  Komunitas Rumah Baca Dorong Pemuda Budayakan Membaca

“Jadi produk lain seperti dari hasil pertanian ada bawang merah yang diolah menjadi bawang goreng, ada juga Kopi Hendea, kemudian selain Tuli-tuli, ada juga Epu-epu, Sanggara Banda yang merupakan hasil olahan dari Kaopi’ku kuliner khas Busel, dan ada lagi produk kerajinan tangan hasil anyaman,” sebutnya.

Dia berharap, melalui pameran yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Pemprov Sultra ini, menjadi ajang promosi dan informasi produk, komoditi potensial serta peluang investasi di Sultra, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya perekonomian di Busel.

“Kami sangat bangga melalui HPN 2022 yang diadakan di Sultra ini sehingga kami bisa tampilkan lebih menonjol lagi produk-produk khas Busel utamanya kepada puluhan duta besar dari luar negeri yang datang langsung menghadiri kegiatan HPN ini,” harapnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry