Indonesia Vs Filipina: Garuda Muda Libas The Azkals 4-0

12
Indonesia menang 4-0 atas Filipina di SEA Games 2021 (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Pho Tu, Rubriksultra.com- Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan meyakinkan saat menghadapi Filipina U-23 di cabang sepakbola SEA Games 2021. Garuda Muda libas The Azkals 4-0.

Indonesia menghadapi Filipina pada laga lanjutan Grup A di Di Viet Tri, Phu To, Jumat (13/5/2022) sore WIB. Pasukan Shin Tae-yong mampu unggul 2-0 saat turun minum.

- Advertisement -

Gol lahir dari Muhammad Ridwan pada menit ke-18 dan Rizky Ridho di menit ke-44. Setelah turun minum, Indonesia menambah dua gol lagi dari Egy Maulana pada menit ke-74 dan penalti Marselino Ferdinan di menit ke-84.

Hasil ini membawa Indonesia mengumpulkan enam angka dari tiga laga dan membawa mereka ke puncak klasemen. Poin Egy dkk sama dengan Myanmar tapi unggul selisih gol.

Sementara untuk Filipina, kekalahan atas Indonesia membuat poin mereka mentok di empat angka dan dipastikan gagal lolos ke semifinal.

Jalannya Pertandingan

Filipina berusaha menekan Indonesia di awal laga. Namun, lini belakang Garuda Muda tampil disiplin.

Ancaman perdana dihadirkan Indonesia pada menit ke-5. Witan Sulaeman menusuk dari sisi kiri ke kotak penalti. Sayangnya, laju lari Witan terlalu deras hingga bola bisa diamankan kiper Filipina Quincy Kammeraad.

Filipina merespon di menit ke-7. Scott Woods melepas sepakan mendatar dari jarak jauh. Usahanya belum membuahkan hasil karena Ernando Ari masih bisa mengamankan bola.

Pada menit ke-14, Indonesia sempat mengetarkan jala Filipina. Egy Maulana bisa menjangkau bola panjang sebelum menaklukan Kammeraad. Namun, Egy lebih dulu offside.

Semenit berselang, peluang emas dimiliki Indonesia. Witan tak terkawal di sisi kiri pertahanan Filipina menerima sodoran bola dari Alfeandra Dewangga.

Sepakan mendatar Witan mengarah ke gawang. Meski demikian, Kammeraad dengan baik bisa mengadang arah bola.

Baca Juga :  Prediksi Liga Inggris Arsenal Vs MU: Beda Sikon

Gol!!! Umpan panjang Rizky Ridho melepaskan Egy dari jebakan offside. Di depan gawang, Egy memberikan bola yang bisa disambar Muhammad Ridwan untuk membobol gawang Filipina. Indonesia unggul 1-0 di menit ke-18.

Ricky Kambuaya mencoba lewat tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-23. Tembakannya belum membahayakan karena masih melebar.

Filipina punya peluang di menit ke-29. Jaime Rosquillo bisa menanduk bola sepak pojok. Untung bagi Indonesia, sundulannya masih melebar.

Witan punya kesempatan menggandakan keunggulan di menit ke-32. Ia bisa melewati Kammeraad usai mendapat umpan terobosan dari Ridwan. Namun, tembakannya terlalu lemah hingga bisa dibendung bek Filipina.

Dennis Chung punya kesempatan lewat sepakan akrobatik memanfaatkan halaun Asnawi Mangkualam yang tak sempurna. Tembakan Chung terlalu lemah hingga mudah ditangkap Ernando.

Jual beli serangan terjadi. Di menit ke-36, Ridwan punya peluang di kotak penalti menerima umpan tarik dari Dewangga. Namun, tembakannya masih melebar jauh dari gawang Filipina.

Giliran Egy yang kembali punya peluang di menit ke-40. Sepakan Egy bisa diblok sebelum tepat dipelukan Kammeraad.

Gol!! Bola tendangan bebas kiriman Syahrian Abimanyu dari sisi kanan bisa ditanduk Rizky. Ia mendahului Kammeraad yang berusaha menggapai bola.

Skor berubah 2-0 untuk Indonesia di menit ke-44. Hasil ini bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Filipina tampil lebih menekan untuk mengejar ketinggalan. Pada menit ke-57, The Azkals hampir saja menyamakan kedudukan.

Mendapat umpan backheel dari Chung, Jovin Bedic punya ruang di kotak penalti. Sepakan Bedic gagal dibendung Ernando tapi mistar gawang masih menyelamatkan gawang Indonesia.

Filipina kembali membuang peluang di menit ke-65. Christian Rontini tak terkawal di depan gawang menyambut tendangan bebas. Namun, sambaran bolanya justru melambung jauh.

Baca Juga :  Hasil Liga Champions: Diwarnai Keributan Antarpemain, Manchester City Singkirkan Atletico Madrid

Semenit berselang, Indonesia mendapat peluang dari serangan balik cepat. Marselino Ferdinan punya ruang usai menerima umpan terobosan dari Egy. Kammeraad cepat keluar dengan bisa membendung bola.

Keputusan Filipina keluar menyerang membuat banyak celah di lini pertahanan mereka. Hal ini dimanfaatkan oleh Indonesia.

Gol!!! Egy yang bergerak dari sisi kanan kotak penalti mendapat bola dari Irfan Jauhari. Ia langsung melepas tembakan keras yang membobol gawang Filipina. Indonesia unggul 3-0 di menit ke-74.

Pada menit ke-84, Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah penetrasi cepat Ronaldo Kwateh dijatuhkan Enrique Linares.

Gol!!! Marselno Ferdinan yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakannya ke arah kiri gawang mengecoh Kammeraad.

Skor 4-0 untuk Indonesia tak berubah hingga laga tuntas.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam (Rio Fahmi 60′), Syahrian Abimanyu (Marselino Ferdinan 46′), Ricky Kambuaya, Marc Klok (Rachmat Irianto 81′), Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri (Ronaldo Kwateh 81′), Muhammad Ridwan (Irfan Jauhari 46′).

Filipina: Quincy Kammeraad,Quincy Kammeraad; Christian Rontini, Enrique Linares, Jaime Rosquillo, Miguel Mendoza; Oliver Bias, Oskari Kekkonen, Scott Woods, Dennis Chung, Yrick Gallantes; Jovin Bedic.

Sumber : Detik.com

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry