Kadis Kominfo: Gubernur Sehat Walafiat

3017
Kepala Diskominfo Sultra, M. Ridwan Badallah.

KENDARI, Rubriksultra.com- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ridwan Badallah menyampaikan bahwa Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam kondisi sehat walafiat.

Kadis Kominfo mengatakan, sejak pandemi Covid-19 melanda, aktifitas perkantoran dilaksanakan di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur, kecuali jika ada kegiatan yang sangat penting, barulah dilakukan di kantor gubernur atau di tempat lain.

“Bapak Gubernur menjalankan pemerintahan dari rumah jabatan. Itu sejak pandemi melanda. Saya kira kita semua sudah tahu dan paham tentang itu,” kata Ridwan Badallah, Sabtu 16 Juli 2022.

Ridwan meminta kepada media agar tidak suka membuat pemberitaan yang sensasional serta menciptakan desas-desus sehingga menimbulkan keriuhan tidak perlu di tengah masyarakat.

Ditegaskan, pemberitaan yang mengedepankan sensasional cenderung melanggar kode etik jurnalistik. Dia mencontohkan, salah satu media online yang mengangkat pemberitaan perihal kondisi kesehatan Gubernur, diduga kuat hanya hendak mencari sensasi.

“Dalam kaidah jurnalistik, berita tanpa narasumber yang jelas sesungguhnya bukan berita. Itu hanya rumor atau desas desus yang tidak bisa dipertangungjawabkan,” tegasnya.

Petunjuk yang nyata bahwa media tersebut sekadar menciptakan rumor adalah narasumber dalam pemberitaannya tidak jelas alias anonim. Menurutnya, narasumber yang bersifat anonim harus dihindari demi menghadirkan berita yang akuntabel dan bertanggungjawab.

“Dalam berita itu disebutkan narasumbernya adalah seorang kepala dinas. Kepala dinas yang mana? Kalau memang hendak menghadirkan berita yang jelas, sebutkan siapa nama kepala dinas yang dimaksud,” kata Ridwan.

Kadis Kominfo melanjutkan, narasumber berikut yang dikutip media tersebut adalah petugas. Namun tidak juga disebutkan identitas jelas mengenai petugas dimaksud, agar pembaca benar-benar yakin mengenai kredibilitas informasi itu.

“Kita semua bisa membuat berita seperti itu dengan hanya mengutip narasumber anonim,” tegasnya.

Baca Juga :  Wagub Sultra Beri Jempol Dinas Kominfo Sultra

Oleh karena itu, dia meminta agar media massa mengedepankan praktik jurnalistik yang baik dan sehat. Menghindari pemberitaan sensasional demi sekadar mengejar rating belaka. Kejelasan narasumber adalah salah satu jaminan kredibilitas sebuah berita.

“Sebuah media dihormati dan dihargai hanya karena menjaga kredibiltasnya melalui pemberitaan yang mereka buat,” pungkasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry