Kadue Maskot HPN 2022 Sultra

45
Maskot HPN 2022 Sultra. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) didaulat menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari 2022 mendatang. Panitia pusat dan lokal tengah mempersiapkan segala hal untuk menyukseskan HPN yang dijadwalkan dihadiri langsung Presiden RI, Joko Widodo.

Setiap tahun, daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah mempersiapkan maskot sesuai khas daerah masing-masing. Begitu pun Panitia Lokal HPN Sultra telah menyiapkan maskot yang memiliki filosofi tersendiri.

Ketua PWI Sultra, Sarjono mengatakan, maskot HPN 2022 Sultra ini dinamakan “KADUE” (Dalam bahasa umum Tolaki, Muna, Buton, dan Moronene). Maskot tersebut merupakan replika Anoa, fauna endemik Sultra.

Maskot Anoa ini dibuat dalam ekspresi bahagia, dalam artian menyambut perayaan HPN di Sultra. Selain itu maskot ini melambangkan jiwa muda, energik, ramah, dan optimis.

Replika Anoa memakai pakaian bercorak khas Sulawesi Tenggara, yang mewakili suku Tolaki pada motif baju, Muna-Buton diikat kepala (Kampurui), dan sarung bercorak Moronene.

Warna dominan biru, bermakna dapat dipercaya, bijak, cerdas, inspiratif dan bersemangat. Kepala menghadap ke kanan, merujuk pada kebaikan.

Tangan kanan maskot memegang tulisan HPN untuk menyapa tamu sekaligus menyebarkan optimisme pada masyarakat. Sementara tangan kiri memegang pena emas yang bermakna mengabarkan kebaikan, untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Positif di Sultra Masih Bertambah, Hari Ini Ada Dua Kasus Baru