Kemenag Baubau Kedatangan Rombongan Studi Tiru

200
Rombongan Studi Tiru dari Kemenag Kendari dan Muna Barat, saat bertandang di Kantor Kemenag Baubau, Selasa 7 Desember 2021. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau kedatangan rombongan Studi Tiru dari Kantor Kemenag Kota Kendari (Kasi Bimas bersama para Kepala KUA Kecamatan) dan Kemenag Kabupaten Muna Barat (Kepala kantor, KTU dan 11 Kepala KUA Kecamatan), Selasa 7 Desember 2021.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Kasi Bimas) Islam Kepala Kemenag Baubau, H. Sanuddin menerangkan, dalam kurun kepemimpinan Kepala Kantor Kemenag Baubau, Rahman Ngkaali, telah melakukan beberapa Inovasi program. Misalnya, nota kesepahaman dengan Pemkot Baubau dalam program Samawa Five In one (5 in 1).

“Program ini setelah prosesi ijab qabul pengantin langsung menerima 5 dokumen sekaligus, terdiri dari buku nikah, kartu nikah digital berbasis QR code SIMKAH web, Kartu Keluarga baru, pembaharuan status pernikahan di KTP, dan mendapat buku saku pedoman nilai-nilai PO-5 yang diterbitkan Satgas PO-5 Kemenag Baubau,” katanya.

Selain itu, juga telah dilaksanakan program Wakaf Alquran bagi Calon Pengantin serta digitalisasi berkas nikah 10 tahun sebelumnya.

Termasuk program unggulan revitalisasi KUA Kecamatan Wolio yang telah dilaksanakan maupun dalam tahap akan dilaksanakan, yakni edukasi simkah web untuk masyarakat yang berurusan di KUA agar bisa daftar sendiri, suntik TT di tempat diupayakan nanti setelah MoU dengan Dinkes serta program integrasi simpeg web dengan SIMPONI.

Pihaknya juga mengupayakan pembayaran PNBP Nikah di tempat pendaftaran nikah melalui mesin EDC di KUA. Mengenai mesin EDC sebagai hasil kerjasama dengan salah satu Bank Syariah di kota Baubau.

“Intinya semua terkait layanan saat berurusan di Kemenag Baubau, seperti di KUA misalnya terkait dokumen yang diurus, kami berupaya agar bisa sekali datang semua terselesaikan. Semua urusan, mudah, murah dan sesuai serta tepat waktu, untuk layanan pada masyarakat. Begitulah pesan Kepala Kantor, Pak Rahman Ngkaali, pada kami,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Warga Binaan Lapas Baubau Dibekali Keterampilan dan Pengetahuan Agama