Kominfo Sultra Siap Integrasikan Aplikasi Simdata Buka Info

54
Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badalah, saat menyampaikan maksud dan tujuan aplikasi Simdata Buka Info kepada salah satu kepala OPD, Selasa 31 Agustus 2021. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sultra mematangkan persiapan MoU pengintegrasian aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Terintegrasi dalam Mendukung Keterbukaan Informasi (Simdata Buka Info). Aplikasi ini akan digunakan di lima OPD lingkup Pemprov Sultra.

Kelima OPD tersebut diantaranya BKD Provinsi Sultra, Dinas Perhubungan Sultra, Satpol Pamong Praja Sultra, Disdukcapil dan Biro Pembangunan Setda Provins Sultra.

- Advertisement -

Persiapan dilakukan dengan terus menggelar pertemuan koordinasi dengan lima kepala OPD tersebut yang dipimpin Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badalah, didampingi Sekretaris Diskominfo Ahmad Yasir serta Annisa Mutmainnah, Selasa 31 Agustus 2021.

Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badalah menjelaskan, aplikasi tersebut merupakan proyek perubahan rancangan dalam Diklat PIM II yang pernah diikutinya.

“Pada pertemuan tersebut kami memberikan penjelasan kepada kelima OPD agar dapat memahami dan siap untuk merealisasikan program tersebut sekaligus akan mendukung launching pada Oktober-November 2021 mendatang,” katanya.

Selain itu, aplikasi tersebut dapat diintegrasikan pada sistem informasi yang dimiliki OPD agar dukungan dan realisasi keterbukaan informasi publik dapat memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya dalam mengakses serta memperoleh informasi melalui satu sistem informasi layanan satu data.

“Kami juga menyampaikan kepada kelima kepala OPD bila faktor pendukung Simdata Buka Info adalah penguatan infrastruktur (Server dan pendukungnya), jaringan (Internet-AstiNet), aplikasi pendukung (Software), dan sumber daya manusia (Brainware),” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Lahan 53 Hektar untuk Pembangunan Kodim Kolaka Utara Jadi Kado HUT TNI ke-75