Komunitas Rumah Baca Dorong Pemuda Budayakan Membaca

90
Para peserta camping literasi berpose bersama. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Komunitas Rumah Baca La Bulawa yang terletak di Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan (Busel) terus mendorong generasi muda untuk membudayakan membaca buku. Dorongan diberikan agar pemuda semakin kreatif, berkarakter positif dan membangun sportifitas dalam nuansa kekeluargaan.

Ketua Komunitas Rumah Baca La Bulawa Siompu, Muhammad Ramli mengatakan, segala upaya dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pemuda untuk membudayakan baca buku. Salah satunya dengan menggelar camping literasi.

- Advertisement -

Camping literasi ini bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pemuda Pelajar Mahasiswa Siompu (Forkoppmas) Makassar, yang digelar di Desa Tongali, pada Kamis 22 Juli 2021 lalu.

Muhammad Ramli menjelaskan, camping literasi ini sebagai panggung ekspresi pemuda desa Tongali untuk dijadikan tempat penyaluran bakat serta minat mereka. Tujuannya untuk menampilkan hasil latihan tarian anak-anak rumah baca yang dilatih oleh teman-teman Forkoppmas Makassar.

“Dalam kesempatan ini, kami jadikan ajang untuk mengajak pemuda dan anak-anak Siompu untuk terus membaca buku agar semakin kreatif dan berkarakter,” katanya.

Melalui kegiatan ini, para generasi muda serta seluruh masyarakat diharapkan akan semakin mengetahui kegiatan-kegiatan rumah baca La Bulawa dan tertarik untuk berkunjung serta mendukung setiap kegiatannya.

Ketua panitia camping literasi, Aditia Pradana Arif mengungkapkan, kegiatan ini menampilkan berbagai macam penampilan mulai dari dua grup tarian, puisi, orasi ilmiah, musikalisasi puisi, musik acoustik, drama komedi, pameran hasil anyam nama, lukisan abstrak, mewarnai dan juga menggambar.

Ia berharap kegiatan literasi ini dapat memacu semangat anak muda Siompu dalam berkreatifitas, berinovasi dan juga bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat. (adm)

Laporan : Hery

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Rayakan Hari Jadi, Bawaslu Busel Gelar Doa Bersama