KUPP Baubau Pastikan Kesiapan 38 Kapal Angkutan Lebaran

206
Benaya Samri Yostavia

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Baubau melakukan inspeksi keselamatan (Ram chek) terhadap 38 kapal angkutan lebaran. Kesiapan angkutan lebaran ini tetap dilaksanakan meski ada larangan mudik pada 6-17 Mei mendatang.

Pelaksana Harian (Plh) Kasi Kesyahbandaran KUPP Baubau, Benaya Samri Yostavia mengatakan, 38 kapal yang diinspeksi merupakan kapal angkutan lebaran. Tiga diantaranya adalah kapal ASDP dan sisanya adalah kapal angkutan antarpulau (Kapal tradisional).

- Advertisement -
 

Kata dia, kegiatan ram check merupakan upaya penanganan dini dalam meminimalisir kecelakaan saat berlayar dan memastikan keselamatan berlayar bagi kapal yang akan bertolak dari pelabuhan di Kota Baubau.

“Hingga saat ini belum ada yang sifatnya mayor, masih minor semua. Misalnya, alat keselamatan life jacketnya sudah tidak layak, maka kami perintahkan ganti dengan baru,” kata Benaya Samri Yostavia, di kantornya, Senin 19 April 2021.

Kata dia, pemeriksaan ini tetap dilaksanakan dengan berpedoman pada instruksi Kemenhub meski ada larangan mudik. Pihaknya juga tetap akan melaporkan bila ada 38 armada kapal yang siap melakukan angkutan lebaran 2021 di Kota Baubau.

“Hasil ram check sementara dirampungkan. Memang agak rancu juga kita siapkan karena ada larang mudik. Namun kita tetap laksanakan perintah itu sebab instruksi akan pemeriksaan itu belum dicabut dan diupayakan selesai hari ini,” pungkasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Tukin ASN Baubau Dirapel April