Lansia di Busel Dapat Bantuan Usaha

90
Warga lansia saat menerima bantuan usaha dari Pemerintah Kabupaten Busel, Minggu 14 Maret 2021. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com– Masyarakat Lanjut Usia (Lansia) di Kabupaten Buton Selatan (Busel) mendapat bantuan Usaha Ekonomi Kreatif (UEP). Bantuan berupa usaha peternakan, usaha gorengan, dan pertukangan.

Kepala Dinas Sosial Busel, La Ode Taatlan mengatakan, bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat lansia penerima manfaat di lima kecamatan. Diantaranya Kecamatan Siompu Barat, Siompu, Kadatua, Batauga, dan Sampolawa yang mulai disalurkan, Minggu 14 Maret 2021.

La Ode Taatlan merinci, di Kecamatan Siompu barat, bantuan yang diberikan berupa usaha peternakan ayam. Jumlah bantuan sebanyak 66 ekor.

Di Kecamatan Siompu diberikan bantuan usaha gorengan. Bantuan berupa alat-alat penggorengan seperti, kompor hock, wajan, wadah tempat kue, sutil, dan lain-lain.

Selanjutnya di Kecamatan Kadatua berupa usaha peternakan ayam dengan bantuan sebanyak 55 ekor. Di kecamatan Batauga berupa usaha peternakan ayam dan kambing dengan jumlah bantuan 55 ekor ayam dan 6 ekor kambing.

Terakhir di Kecamatan Sampolawa terdapat tiga jenis bantuan usaha. Berupa peternakan ayam dengan jumlah 33 ekor, bantuan pertukangan dan gorengan.

Kata dia, penerima bantuan sosial ini adalah mereka yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai salah satu syarat penerima bantuan sosial. Dengan begitu, bantuan yang diberikan dipastikan tepat sasaran.

“Tujuan dari bansos ini adalah untuk meningkatkan ekonomi keluarga yang kurang mampu agar mereka tetap berproduksi dimasa tuanya dan dapat mengembangkan usahanya secara berkelanjutan,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Bupati Busel Resmikan Pembangunan 10 Desa di Pulau Siompu