“Lipat Tangan” Inovasi Bawaslu Permudah Pelaporan Keuangan

121
Pengembang aplikasi, Harviyaddin, selaku PPSPM Bawaslu Provinsi Sultra, saat memaparkan aplikasi yang dikembangkan. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sultra mengembangkan inovasi untuk mempermudah pelaporan keuangan. Inovasi yang dikembangkan diberi nama Aplikasi Terpusat Verifikasi Digital Pelaporan Keuangan berbasis android (Lipat Tangan).

Pengembang aplikasi, Harviyaddin, selaku Pejabat Penandatanganan Surat Perintah Membayar (PPSPM) Bawaslu Provinsi Sultra, pengembangan aplikasi ini sebagai bentuk aksi perubahan kinerja pelayanan publik.

Tujuannya untuk meningkatkan efektifitas pengajuan tagihan oleh Pejabat Pembuat Komitmen di Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara dan 17 Bawaslu Kabupaten/Kota.

Terdapat tiga manfaat dalam penggunaan aplikasi ini, diantaranya mempermudah Bawaslu RI dan Bawaslu Sultra dalam mengontrol dan memonitoring hasil pertanggungjawaban
secara efektif dan efisien, sehingga bila terjadi kendala maka dalam menyelesaikan permasalahan keuangan lebih cepat dan tepat.

Kedua meningkatkan kepercayaan dan kepuasan stakeholder terhadap hasil pengujian laporan pertanggungjawaban keuangan, dan ketiga menjamin akuntabilitas dan transparansi hasil pengujian laporan pertanggungjawaban keuangan.

“Aplikasi ini sudah dapat diunduh di android masing-masing,” katanya.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Buton Selatan (Busel), LM Suharjono mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Menurutnya, dengan aplikasi tersebut, pelaporan keuangan semakin mudah.

“Ini merupakan terobosan yang sangat bagus dari Bawaslu Sultra, kami dari Bawaslu kabupaten kota merasa sangat terbantu dalam hal menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kami di daerah,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Pj Sekda Sultra Minta OPD Tingkatkan Sinergitas