Mendag Resmikan Dermaga Bongkar Muat Gula di Bombana

119
Bupati Bombana, H. Tafdil mendampingi Mendag Muhammad Lutfi, saat peresmian Dermaga Batu Putih, Senin 4 April 2022. (Foto Agus)

RUMBIA, Rubriksultra.com- Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, meresmikan dermaga bongkar muat gula mentah (Raw sugar) di Kabupaten Bombana, Senin 4 April 2022. Dermaga ini milik Jhonlin Group, yang terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Poleang Selatan, Kabupaten Bombana.

Peresmian dihadiri pula Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, Bupati Bombana H.Tafdil, CEO Jhonlin Group Ghimoyo, Direktur PT. Dua Samudera Perkasa A.G Hartantono.

Bupati Bombana H. Tafdil mengatakan, hadirnya investasi pembangunan pabrik gula dan dermaga bongkar muat tersebut dapat memberikan peluang terbukanya lapangan pekerjaan yang lebih luas. Tentunya berimplikasi dengan menyerap tenaga lokal yang ada.

- Advertisement -
Gubernur Sultra, Ali Mazi, saat berbincang dengan Mendag Muhammad Lutfi, saat peresmian dermaga bongkar muat gula di Bombana.(Foto Istimewa)

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini berharap hadirnya investasi di Bombana memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian daerah, termasuk meningkatkan pendapatan asli daerah di sektor pajak.

Diketahui, Dermaga Batu Putih merupakan pelabuhan bongkar muat gula mentah (Unloading Raw Sugar) milik PT. Jhonlin Group yang bakal dikelola oleh PT. Dua Samudera Perkasa.

Gubernur Sultra, Ali Mazi saat memberikan sambutan dalam acara peresmian dermaga bongkar muat gula di Bombana.(Foto Istimewa)

Selain itu, dermaga tersebut juga bakal menjadi basis ekspor hasil pertanian dan perkebunan yang meliputi kopra, kakao dan rempah-rempah lainnya.

Dermaga bongkar muat gula mentah Batu Putih didukung dengan fasilitas penunjang seperti gudang penyimpanan berkapasitas 80 ribu ton yang dilengkapi dengan conveyor system berkapasitas 1.000 ton/jam.

Terminal umum dermaga Batu Putih juga memiliki area bongkar muat kontainer seluas 5,08 hektar. Termasuk area jetty yang mampu menyandarkan kapal dengan kapasitas 80.000 DWT atau dengan panjang jetty 190 meter. (adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Parabela di Busel Dibantu Pakaian Adat