Menguat Nama Anies-Ganjar-Andika di Bursa Capres NasDem

65
Surya Paloh saat Kongres Partai NasDem (Pradita Utama detikcom)

Jakarta, Rubriksultra.com- Nama-nama yang diusulkan kader Partai NasDem agar disodorkan DPP NasDem ke Ketum Surya Paloh untuk menjadi calon presiden (capres) 2024 mencuat. Setidaknya, tiga nama kuat itu Andika Perkasa, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

DPW NasDem dapat mengusulkan nama capres 2024 ke DPP NasDem, nantinya NasDem pusat akan menyodorkan tiga nama yang sudah disaring ke Surya Paloh saat rakernas Juni mendatang. Bendahara Umum DPP NasDem Ahmad Sahroni mengungkapkan ada nama kepala daerah dan menteri yang akan disodorkan.

- Advertisement -

“Pokoknya semua nama bagus-bagus. Kriterianya bagus-bagus semua. Ada kepala daerah, ada menteri juga,” kata Sahroni seperti dilansir detikcom, Selasa (3/5).

Sahroni menyebut sejumlah nama, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa yang masuk dalam radar.

“Ada nama-nama hebat. Pak Prabowo, Bu Puan, Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Andika, Pak Erick, Pak Ridwan Kamil, Bu Khofifah,” ujarnya.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Banten-DKI Jakarta NasDem A Effendy Choirie menyebut mayoritas aspirasi kader NasDem di Banten dan DKI menghendaki Anies Baswedan jadi capres. Sebagian kader NasDem lainnya mengusulkan Andika Perkasa hingga Ganjar Pranowo.

“Nah, terkait Banten dan DKI, memang nanti masih ada perlu rapat, semacam rapat kerja wilayah DKI maupun Banten. Tapi, berdasarkan aspirasi dari bawah, dari DPD, dari DPW, dan dari DPD-DPD itu mencerminkan DPC, DPC juga mencerminkan aspirasi ranting, ranting juga mencerminkan masyarakat mayoritas di Banten dan DKI. Sekaligus juga atas dasar survei lembaga-lembaga, maka mayoritas di sana itu menghendaki Anies Baswedan,” kata A Effendy Choirie atau Gus Choi kepada wartawan, Rabu (4/5).

Bukan cuma Anies, nama Andika Perkasa hingga Ganjar Pranowo juga muncul di bursa capres Partai NasDem. Usulan nama Andika hingga Ganjar Pranowo juga berasal dari kader NasDem DKI Jakarta dan Banten.

Baca Juga :  Soal e-Sertifikat, Sofyan Djalil Pastikan tak Ada Penarikan Sertifikat Tanah

“Memang, muncul juga di DKI itu nama Panglima TNI (Andika Perkasa), muncul juga. Terus muncul juga nama Erick Thohir. Terus muncul juga nama Ganjar. Jadi sebetulnya nama-nama itu tidak mengerucut ke satu,” ujar Gus Choi.

Gus Choi mengakui nama Anies Baswedan diusulkan mayoritas kader NasDem di Banten dan DKI. “Kecenderungannya begitu (mayoritas Anies), mungkin pengaruh Anies di Jakarta kuat. Iya, Jabodetabek betul. Memang hampir di Jabodetabek itu memang kuat,” ujar Gus Choi.

Gus Choi memastikan tak ada riak-riak atau gesekan soal usulan capres kepada DPP NasDem. Munculnya nama Erick, menurut Gus Choi, disebabkan kader NasDem yang menjadi komisaris BUMN dan mengusulkan nama Erick.

“Terus Andika, anak-anak tentara di lingkungan NasDem kan banyak sehingga Andika itu juga ada suaranya. Nah, Ganjar, mantan-mantan PDIP di NasDem kan juga banyak,” ucapnya.

Suara mayoritas NasDem DKI dan Banten ini, kata Gus Choi, belum final atau diputuskan secara resmi. Sebab, NasDem DKI dan Banten akan terlebih dahulu rapat kerja menentukan siapa nama yang bakal diusulkan di Rakernas NasDem pada 15-17 Juni nanti.

Jika NasDem DKI dan Banten sudah memutuskan secara resmi, maka disampaikan ke DPP NasDem. NasDem pusat mengerucutkan tiga nama dari usulan setiap DPW dan keputusan akhir berada di tangan Ketum Surya Paloh.

“Aspirasi-aspirasi ini akan Pak Surya pertimbangkan dalam rakernas itu, mana yang ini, terserah sepenuhnya kepada ketua umum,” imbuhnya.

NasDem Jabar Bakal Usulkan Anies

Sementara itu, DPW NasDem Jabar bakal mengusulkan nama Anies Baswedan ke DPP NasDem. Keputusan NasDem Jabar berdasarkan pertimbangan matang.

“DPW NasDem Jawa Barat sudah menggodok kandidat dan kita pertimbangkan untuk mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai capres ke Ketua Umum,” kata Ketua DPW NasDem Jawa Barat Saan Mustopa seperti dilansir detikJabar, Rabu (4/5).

Baca Juga :  Senator Asal Sulteng Dorong Upaya Pemulihan di Palu

Nama Anies menyalip Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk diusulkan NasDem Jabar sebagai capres ke Surya Paloh. Padahal, beberapa waktu ke belakang, NasDem Jabar dan Kang Emil diketahui tengah membangun kedekatan untuk Pilpres 2024.

“Dari sekian banyak nama kandidat potensial di Jawa Barat, DPW NasDem Jabar mempertimbangkan sosok Mas Anies. Tapi ini sambil berjalan melihat sosok lain,” ungkapnya.

Nama Andika-Anies Juga Dibahas NasDem Kalbar

DPW NasDem Kalimantan Barat masih menggodok nama bakal capres yang akan diusulkan ke Ketum Surya Paloh. Nama yang muncul ada Anies Baswedan dan Andika Perkasa.

“Kita tunggu 14 Mei. Ada rakor untuk memutuskan secara resmi usulan nama (bakal capres) NasDem,” ungkap Ketua DPW NasDem Kalbar Syarief Abdullah Alkadrie seperti dilansir detikSulsel, Rabu (4/5).

Namun, Syarief menyebut usulan NasDem Kalbar tidak akan jauh dari nama-nama yang beredar saat ini. Termasuk nama Anies Baswedan yang telah diusulkan beberapa DPW NasDem.

“Anies pasti masuk. Ada di usulan nanti. Sesuai nama-nama yang beredar. Kan tiga nama usulan ada Anies, Andika dan lainnya,” jelasnya.

Syarief mengaku tidak akan mendahului keputusan yang diambil di tingkat rakor DPW NasDem Kalbar nanti. Dia menyebut tetap harus menunggu masukan dari 14 DPD NasDem se-Kalbar.

“Mereka (DPD) kan yang mengerti, daerah-daerah juga tahu, menyerap aspirasi itu. Sehingga itu nanti yang akan kita serahkan saat rakernas,” jelasnya.

NasDem Aceh Usul Anies

DPW Partai NasDem Aceh berencana mengusung Anies Baswedan sebagai capres. Nama Anies akan diusulkan NasDem Aceh saat rakernas NasDem.

“DPW Partai Nasdem Aceh akan membawa satu nama, yaitu Anies Baswedan, dalam rakernas yang akan berlangsung pertengahan Juni mendatang di Jakarta,” kata Ketua DPW Partai NasDem Aceh Teuku Taufiqulhadi dilansir detikSumut, Jumat (22/4).

Baca Juga :  PWI Dukung Deklarasi Pariwisata Bangkit dan Beyond Wakatobi

Taufiq mengatakan salah satu agenda rakernas adalah menjaring capres yang akan maju di Pilpres 2024. Alasan NasDem Aceh memilih Anies adalah Anies dinilai sebagai figur berkarakter dan kredibel. Anies dinilai dekat dengan rakyat Aceh.

“Ia figur yang berkarakter dan kredibel. Karena itu, baik untuk Indonesia mendatang. Selain itu, nama Anies dekat di hati rakyat Aceh,” jelas Taufiq.

Selain itu, Anies disebut sebagai salah satu pendiri ormas Nasional Demokrat. Anies juga dinilai dekat dengan Ketum NasDem Surya Paloh.

“Anies itu adalah pendiri cikal bakal partai ini, yaitu ormas Nasional Demokrat. Anies sangat dekat dengan Ketum NasDem Bapak Surya Paloh,” pungkasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry