MTsN 1 Muna Bentuk Karakter Siswa Lewat Porseni

75
Kepala Kantor Departemen Agama (Kandepag) Muna, Drs. H. Muh. Basri saat membuka Porseni antar siswa MTsN 1 Muna, Kamis 24 Oktober 2019. (FOTO ISTIMEWA)

MUNA, Rubriksultra.com- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Muna menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) antar siswa yang dilaksanakan mulai 24 Oktober hingga 27 Oktober mendatang. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa.

Porseni antar siswa MTsN 1 Muna ini dibuka langsung Kepala Kantor Departemen Agama (Kandepag) Muna, Drs. H. Muh. Basri bertempat di sekolah MTsN 1 Muna, Kamis 24 Oktober 2019.

-Advertisement-

Dalam sambutanya, Kandepag Muna, Muh. Basri mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia pun memanjatkan doa agar seluruh panitia yang telah berkreasi dan berinovasi mendesain sebuah kegiatan untuk menuju madrasah hebat bermartabat selalu diberikan kesehatan maupun kekuatan, sehingga porseni bisa terlaksana dengan baik.

Kata dia, kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk edukasi terhadap siswa. Utamanya mnumbuhkan bakat baik dalam segi olahraga maupun kegiatan seni lainnya.

Muh. Basri meyakini karakter tidak hanya diperoleh siswa pada kegiatan dalam kelas. Tapi karakter itu bisaa didaptkan melalui kegiatan seperti Porseni dan Pramuka.

“Jangan pernah menunggu even besar untuk menggali karakter siswa, tapi manfaatkanlah even-even kecil untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar,” katanya.

Kepala MTsN 1 Muna, Muhammad Kadarul mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mempererat silaturahmi antar sesama siswa. Sekaligus menumbuhkan sportivitas serta kekompakan dalam jati diri setiap siswa.

Selain itu, sebagai ajang mencari bibit siswa berprestasi dibidang olah raga dan seni.

“Prestasi itu tidak datang begitu saja, tapi harus dicari, dibina, dibimbing dan dilatih dengan baik dan serius agar output yang dihasilkan dapat kompetitif dengan siswa lain di ajang yang lebih tinggi,” katanya.

Muhammad Kadarul merinci berbagai macam lomba dan pertandingan yang digelar. Mulai dari sepak bola, sepak takraw, bulu tangkis, tenis meja, voli dan bola gotong. Sedang cabang seni yang dilombakan adalah pidato bahasa (Indonesia, Inggris, Arab), adzan, dan hafalan surat-surat pendek.

Baca Juga :  Pemerintah Desa Diminta Umumkan Penerima BLT

“Kegiatan ini adalah program dasar OSIS yang didukung oleh pihak guru maupun lainnya. Adapun untuk peserta Porseni sendiri terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah 402 siswa,” katanya.

Ketua Komite MTsN 1 Muna, Drs H. Hariman Thalib ikut mengapresiasi kegiatan ini. Kata dia, karakter siswa MTsN 1 Muna perlu dibangun dengan baik, bukan hanya raganya tapi juga jiwanya.

“Maksudnya, selain sarana dan prasarana, porseni juga dapat membentuk karakter peserta didik agar kedepan bisa menjadi manusia yg berguna bagi nusa dan bangsa. Ini menjadi momentum yang tepat bagi siswa untuk memperlihatkan kompetensi dan skill yang dimilikinya baik dalam bidang olah raga maupun keagamaan,” tandasnya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1