Parabela di Busel Dibantu Pakaian Adat

119
Bupati Busel, H. La Ode Arusani berpose bersama Parabela, Rabu 28 Oktober 2020. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani menyerahkan bantuan berupa pakaian adat. Bantuan ini diserahkan kepada perangkat adat atau Parabela di tiga kecamatan yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rabu 28 Oktober 2020.

H. La Ode Arusani mengatakan, sebagai daerah eks Kesultanan Buton yang kental terhadap adat dan budaya, Pemkan Busel akan terus berupaya melestarikan adat dan budaya. Salah satunya dengan memberikan perhatian kepada lembaga adat.

Dikataka, pemerintah akan merehabilitasi dan membangun sarana dan prasarana baruga demi menunjang kegiatan adat dan budaya. Termasuk akan memberikan bantuan peralatan musik, sound sistem, hingga studi banding ke desa wisata yang memiliki kearifan lokal dan kelestarian lembaga adat.

Orang nomor satu di Busel ini juga berjanji akan menganggarkan mobil operasional bagi lembaga adat untuk memudahkan mobilitas dan kegiatannya di tahun anggaran 2021 mendatang.

“Semua ini untuk meningkatkan sinergitas dan pengetahuan perangkat adat dalam upaya mendorong potensi pariwisata masyarakat adat di daerah kita,” katanya.

Tak lupa, Ketua DPC PDIP Busel ini meminta agar parabela dan perangkatnya tak henti-hentinya untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT demi melindungi Busel dari wabah Covid-19.

Kelapa Dinas Kebudayaan, Dr. Ali Rosdin mengatakan, bantuan pakaian adat diberiman kepada perangkat adat di tiga kecamatan. Sebelumnya pada tahun 2019 lalu sudah diberikan kepada empat kecamatan.

“Masing-masing Kecamatan Lapandewa, Sampolawa dan Batauga. Tiga kecamatan ini yang belum menerima bantuan pada tahun 2019,” ungkapnya.

Dikatakan, Dinas Kebudayaan sebenarnya telah memprogramkan beberapa kegiatan adat dan budaya di tahun 2020 ini. Namun akibat wabah Covid-19, beberapa kegiatan tersebut ada yang direfokusing untuk penangananan dampak wabah corona di wilayah Buton Selatan. (adm)

Baca Juga :  Pembangunan Sektor Pariwisata Sultra Terus Digenjot

Laporan: Syahrir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry