Peletakan Batu Pertama Tugu Pahlawan Oputa Yi Koo di Baubau Dimulai 22 September

1146
Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra, Pahri Yamsul

Kendari, Rubriksultra.com- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal membangun tugu pahlawan Oputa Yi Koo di Kotamara, Kota Baubau. Rencananya, ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan akan dilakukan langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi, pada 22 September mendatang.

“Insya Allah kita akan ground breaking pada tanggal 22 ini bersama tokoh adat dan tokoh masyarakat di Baubau, termasuk para kreator nanti akan diundang semua,” kata Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra, Pahri Yamsul, Jumat 16 September 2022.

Tujuan dari pembangunan tugu pahlawan ini adalah untuk menghargai jasa para pahlawan dari Sulawesi Tenggara dalam hal ini Oputa Yi Koo.

- Advertisement -

“Tugu itu ada semacam museum dibawahnya, perjalanan sejarah dari keraton Buton sampai kemerdekaan Indonesia. Tujuannya yaitu para generasi muda bisa mengerti dan paham bagaimana beratnya perjuangan pada waktu itu, dan bagaimana kerasnya orang tua kita berjuang sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan seperti saat ini,” tuturnya.

Sehingga, lanjut ia, para generasi muda tidak melupakan hasil dari perjuangan para pahlawan yang telah membangun negara ini. Pembangunan tugu tersebut untuk menciptakan salah satu karakteristik Kota Baubau, dan nantinya ini akan menjadi icon tersendiri di Kota Baubau.

“Karena salah satu ciri-ciri kota besar yaitu memiliki karakteristik tersendiri, seperti yang di Kendari kan ada tugu MTQ dan Masjid Al-Alam. Nanti di Baubau juga selain ada keraton nanti kita akan buat tempat atau icon yang bisa meningkatkan potensi wisata serta ekonomi kreatif di sekitarnya,” ujarnya.

Pembangunan tugu pahlawan Oputa Yi Koo bakal menelan anggaran sekitar Rp 40 milyar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Target pembangunan InsyaAllah tahun depan selesai sudah bisa dinikmati masyarakat,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Balitbang: Target PAD yang Ditetapkan OPD di Baubau Masih Sangat Kecil