Pemdes Lagili Buteng Beri Beasiswa Pelajar Berprestasi

74
Sejumlah siswa di Desa Lagili, mendapatkan beasiswa berprestasi melalui program Desa Cerdas Lagili. (Foto Istimewa)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Desa Lagili, Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah (Buteng) memberikan bantuan beasiswa untuk pelajar berprestasi di desanya. Bantuan tersebut diberi nama program Desa Cerdas Lagili.

Kepala Desa Lagili, Tamsir mengatakan, program tersebut merupakan program perdana bantuan pendidikan di Desa Lagili. Program ini tidak bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD), namun bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PAD) yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Bantuan tersebut merupakan bantuan pendidikan berprestasi bagi pelajar siswa maupun mahasiswa yang berprestasi. Masing-masing pelajar mendapatkan bantuan berupa uang dengan jumlah bervariasi baik dari tingkat SD hingga jenjang mahasiswa,” katanya.

Tamsir mengaku belum bisa menyediakan anggaran yang cukup besar untuk program tersebut karena baru diluncurkan tahun ini. Saat ini Pemdes Lagili baru mampu mendapatkan anggaran sekitar Rp7.530.000 dari PAD.

“Meski angka tersebut tergolong kecil dan belum terlalu signifikan, akan tetapi kita berharap anggaran tersebut cukup meningkatkan motivasi belajar siswa yang ada di Desa Lagili,” katanya.

Dari anggaran tersebut, baru sebanyak 31 pelajar yang terkaver. Ke depan, jumlah ini akan terus ditingkatkan.

Tamsir memaparkan syarat bagi pelajar yang ingin mendapatkan bantuan Desa Cerdas Lagili tersebut. Bagi siswa SD-SMA harus mendapatkan rangking 1-3 di kelasnya, sementara bagi mahasiswa IPK minimal 3,5 sampai 4,0.

“Saya berharap ke depan DD tidak terkonsentrasi pada pembangunan fisik saja tapi juga non fisik terutama pembangunan SDM desa sektor pendidikan. Sehingga dapat menumbuhkan SDM yang ada di desa dapat terbangun sehingga ke depannya desa bisa maju dan berkembang,” tutupnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Baca Juga :  Hasil MCP KPK, Capaian Kinerja Pemkab Buteng Rendah