Pemkab Busel Gelontorkan Rp 569,5 Juta Bantu Pelaksanaan Pesta Adat di 17 Baruga

311
Bupati Busel, H. La Ode Arusani melalui Kepala Dinas Kebudayaan Busel, Dr Ali Rosdin menyerahkan bantuan kepada parabela di gedung Lamaindo, Senin 28 Desember 2020. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) menngelontorkan anggaran senilai Rp 569,5 juta untuk membantu pelaksanaan pesta adat di 17 baruga se-Busel. Bantuan diberikan langsung Bupati Busel, H. La Ode Arusani melalui Kepala Dinas Kebudayaan Busel, Dr Ali Rosdin di gedung Lamaindo, Senin 28 Desember 2020.

Kepala Dinas Kebudayaan Buton Selatan, Dr Ali Rosdin menyampaikan, anggaran ini diberikan kepada 17 baruga. Masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp 33,5 juta.

Dana ini diperuntukan untuk dua item. Diantaranya untuk makan minum dan dana untuk honorarium.

Berdasarkan perencanaan awal, kata dia, dana yang disiapkan senilai harusnya Rp 60 juta masing-masing baruga. Namun karena pandemi Covid-19 maka anggaran disesuaikan dengan kemampuan daerah.

“Meskipun begitu, Alhamdulillah masih ada dana yang disiapkan. 17 baruga yang mengajukan proposal ini masing-masing mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 33,5 juta,” katanya.

Dr Ali Rosdin menjelaskan, sebenarnya ada 19 baruga yang ada di Kabupaten Busel. Namun dua baruga, diantaranya Baruga Kaindawula dan Lontoi tidak mendapatkan bantuan karena tidak mengajukan proposal dan tidak melakukan kegiatan pada 2020.

“Jadi kalau tidak melaksanakan, maka tidak mendapatkan bantuan,” katanya.

Dikatakan, Bupati Busel terus memberikan dukungan dan perhatian. Dengan begitu, parabela diharapkan terus mempertahankan dan mewujudkan peradaban yang lebih baik lagi ke depan.

“Bantuan ini diharapkan tidak sampai disini saja tapi berkelanjutan, sehingga pelaksanaan acara adat terus berkesinambungan,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
Baca Juga :  11 ASN Busel Terima Penghargaan Satyalancana