Pemkot Baubau Desain Kawasan Wisata Pendukung Jembatan Buton-Muna

351
Seminar awal uji kelayakan oleh Pemerintah Kota Baubau bersama tim ahli dari Universitas Halu Oleo secara virtual di kantor Wali Kota Baubau, Rabu 18 November 2020. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Pemerintah Kota Baubau mulai mendesain kawasan Kelurahan Palabusa menjadi pendukung aktivitas infrastruktur yang bakal dibangun yakni jembatan Buton-Muna. Kawasan ini akan ditata dengan menghadirkan destinasi wisata yang akan menjadi daya tarik.

Salah satunya kawasan wisata Batu Sori. Kawasan ini akan dikembangkan menjadi spot wisata andalan Kota Baubau.

Hal itupun dibahas dalam seminar awal uji kelayakan oleh Pemerintah Kota Baubau bersama tim ahli dari Universitas Halu Oleo secara virtual di kantor Wali Kota Baubau, Rabu 18 November 2020.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Baubau, Muh. Abduh mengatakan, terdapat sedikitnya 15 titik destinasi wisata dalam kawasan Batu Sori.Diantaranya kawasan hutan mangrove, lokasi diving dan snorkling, serta gugusan tebing.

Selain itu ada pula destinasi budaya, sumur tua Lamedadi, tari-tarian dan ritual budaya masyarakat.

“Rencana ini sengaja dibuat agar kita bisa memetik manfaat dengan adanya jembatan karena sudah pasti ada aktivitas orang lewat. Dibuat destinasi wisata agar menjadi daya tarik sehingga baik secara ekonomi, secara sosial dan secara teknis dapat bermanfaat,” katanya.

Uji kelayakan ini, kata dia, akan ditinjau secara langsung oleh tim ahli dilapangan. Tujuannya untuk menetapkan destinasi yang memiliki prospek yang baik.

“Kegiatan ini merupakan rencana induk dinas pariwisata dimana draf raperdanya telah siap kemudian nanti bakal dibahas di DPRD untuk disusun menjadi perda,” katanya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Ini 11 Peserta Lolos Passing Grade Hari Keempat SKD Busel