Pemkot Baubau Rencana Bangun SMPN 20 di Kotamara

243
Abdul Karim

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pemerintah Kota Baubau berencana membangun Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 20 di kawasan Kotamara, Kecamatan Batupoaro. Rencana itu telah disepakati Anggota DPRD Baubau bersama masyarakat di kantor Kecamatan Batupoaro, belum lama ini.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, Abdul Karim dikonfirmasi Kamis, 19 November 2020.

Namun, dalam dalam perjalanannya, kata dia, masih ada sebagian masyarakat yang tidak setuju dengan rencana itu.  Alasannya, pembangunan sekolah di lokasi tersebut tidak sesuai tata ruang Kotamara serta berdampak pada tertutupnya akses jalan masyarakat.

Abdul Karim pun mengaku masyarakat yang masih tidak setuju telah mengajukan surat penolakan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau.

Kata dia, sebelum merencanakan sesuatu, terlebih dulu telah dilakukan koordinasi bersama pihak-pihak terkait. Hasilnya, dilahan itu tidak menutup akses jalan utama masyarakat ataupun tidak sesuai tata ruang.

“Bahkan, lahan reklamasi itu jelas milik negara, jadi tidak ada alas hak atas tanah milik siapapun,” kata Abdul Karim.

Dikatakan, berdasarkan hasil reses Anggota DPRD Baubau, telah lama masyarakat Kecamatan Batupoaro menginginkan adanya SMPN. Sebab sekolah anak-anak mereka zonasinya jauh.

“Nah, pemerintah disini hadir memberikan solusi keinginan masyarakat itu. Kita lakukan rapat, munculah opsi lokasi dibagian dekat tebing masih kawasan Kotamara, ada lahan kosong sekitar 3.000 meter persegi. Dimana anggaran perencanannya sudah siap,” tandasnya.

Namun jika masih ada pro kontra di tengah masyarakat, maka pihaknya tidak akan memaksakan kehendak. Namun pihaknya akan mencoba mengundang sejumlah masyarakat yang menolak untuk dengar pendapat.

“Hari ini kita undang, apakah dilanjutkan atau perlu kajian lebih lanjut dari semua stakeholder,” pungkasnya.(adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3
Baca Juga :  Bawaslu Baubau ‘Ngambek’, Ancam Tarik Seluruh Panwascam