Pemprov Sultra Tekan Risiko Bencana Berbasis Vegetasi

58
Penanaman pohon dilakukan Gubernur Sultra, Ali Mazi bersama Sekretaris Utama BNPB RI, Lilik Kurniawan, di salah satu kolam retensi Boulevard Kendari, Senin 1 November 2021. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Provinsi Sultra mengurangi risiko bencana berbasis vegetasi dengan melakukan penanaman pohon. Penanaman pohon dilakukan Gubernur Sultra, Ali Mazi bersama Sekretaris Utama BNPB RI, Lilik Kurniawan, di salah satu kolam retensi Boulevard Kendari, Senin 1 November 2021.

Ali Mazi mengatakan, penanaman pohon di kolam retensi memiliki banyak manfaat. Diantaranya mencegah banjir, meningkatkan kemampuan resapan air dan sebagai salah satu objek wisata atau tempat rekreasi.

Dikatakan, masalah banjir sudah menjadi tugas bersama, apalagi yang ada di Kali Wanggu sudah menjadi langganan banjir.

“Sekitar kolam retensi ini sudah cukup jenuh akibat kekurangnya pepohonan, maka dari itu Pemprov Sultra mengambil tindakan cepat dengan melakukan penanaman pohon,” katanya.

Sekretaris Utama BNPB RI, Lilik Kurniawan mengatakan, kolam retensi ini berfungsi untuk mengendalikan banjir, terutama yang ada di Kota Kendari.

“Kita ketahui tidak semua kota di Indonesia mempunyai kolam retensi, apalagi kota-kota yang rawan banjir. Sehingga dengan adanya kolam ini paling tidak bisa mengendalikan banjir yang setiap tahunnya sering terjadi,” katanya.

Kata dia, penanaman pohon di kolam retensi ini juga menjadi salah satu wadah untuk mencegah terjadinya banjir. Selain itu masyarakat bisa memanfaatkan kolam retensi ini untuk berolahraga dan bersosialisasi.

“Hal ini merupakan implementasi yang sangat bermanfaat dari upaya pengurangan resiko bencana yang dimulai dari diri kita sendiri dan lingkungan,” tandasnya. (Adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Tujuh Daerah di Sultra Tidak Terdapat Kasus Positif Corona