Pendaftaran Beasiswa Samatau Mulai Dibuka

129
Kabag Kesra Setda Buteng, Ahmad Nasmudin

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mulai membuka pendaftaran calon penerima beasiswa Samatau tahun 2022. Anggaran yang disiapkan senilai Rp 950 juta.

Kabag Kesra Setda Buten, Ahmad Nasmudin mengatakan, beasiswa Samatau diperuntukan untuk mahasiswa berprestasi asal Buteng. Selain itu, diprioritaskan juga bagi mahasiswa yang kurang mampu dan masih tanggungan orang tua.

“Kriteria tahun ini kemungkinan berbeda dibanding tahun sebelumnya, utamanya pada IPK. Standar IPK sebelumnya dipatok 3,25. Nah, sekarang kita dongkrak lagi sehingga persaingan belajar lebih ketat,” kata Ahmad Nasmudin, Rabu 12 Januari 2022.

Nomenklatur terkait beasiswa tersebut sementara disusun. Setelah itu akan dilanjutkan ke meja Bupati Buteng untuk diteken.

“Pastinya pendaftaran beasiswa Samatau dibuka Januari ini. Proses penerimaannya dipercepat mengingat ke depan kegiatan kita padat, masih persiapan menghadapi MTQ,” katanya.

Ahmad Nasmudin mengatakan, tahun 2022 anggaran beasiswa Samatau berkurang Rp 50 juta dari anggaran tahun lalu senilai Rp 1 miliar. Hal itu disebabkan porsi APBD untuk bidang Kesra berkurang.

Berkurangnya anggaran ini bisa saja berdampak pada kuota calon penerima beasiswa, termasuk nominal per orang.

“Tahun lalu penerima beasiswa sekitar 489 orang, masing-masing beasiswa tidak mampu 340 orang dan beasiswa prestasi 149 orang. Khusus beasiswa S3 tahun ini ditiadakan sebab pada umumnya mereka sudah ada mata pencaharian khususnya tidak lagi masuk dalam prioritas,” pungkasnya. (adm)

Laporan: Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Samahuddin Usul Pembangunan Polres Buteng ke Polda Sultra