Pendakian Warope Lapandewa Rawan Kecelakaan, Pemkab Busel Mulai Lakukan Perbaikan

680
Kepala PUPR Busel, La Ode Muh. Idris bersama Camat Lapandewa, La Nilo melakukan peninjauan lokasi, Kamis 19 November 2020. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Pendakian Warope, Kecamatan Lapandewa yang terkenal terjal seringkali mengakibatkan Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas). Kondisi ini membuat Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) bergerak cepat untuk melakukan perbaikan.

Hal ini terlihat saat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Busel, La Ode Muh. Idris bersama Camat Lapandewa, La Nilo melakukan peninjauan lokasi, Kamis 19 November 2020.

Kepala Dinas PUPR Busel, La Ode Muh. Idris mengatakan, dilakukannya peninjauan pendakian Warope guna melihat langsung kondisi di tanjakan tersebut.

“Saya bersama camat Lapandewa meninjau lokasi untuk kemudian dilakukan evaluasi. Kondisinya memang curam, makanya kita harus lakukan pembersihan di sepanjang pendakian,” kata La Ode Muh. Idris saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis 19 November 2020.

Setelah pembersihan lokasi, pihaknya pun langsung melakukan pengukuran agar supaya mempercepat proses perencanaan maupun pengerjaannya.

“Setelah kita amati bersama, nanti bagian puncak Warope tidak lagi langsung membelok tetapi akan diluruskan. Sementara jalur mendatar akan dibuatkan pembelokan. Semoga langkah ini dapat mengatasi persoalan kecelakaan yang sering terjadi di pendakian ini,” katanya.

Lanjut dia, Dinas PUPR Busel telah mengusulkan perbaikan melalui anggaran perubahan tahun 2020 sebesar Rp150 juta.

“Saat ini DPA perubahan sementara dalam proses. Jika tidak dapat diselesaikan tahun ini, maka anggarannya akan dimaksimalkan pada tahun 2021 mendatang,” ungkapnya.

Camat Lapandewa, La Nilo mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah berkordinasi dengan Dinas PUPR untuk melibatkan beberapa masyarakat setiap desa untuk melakukan pembersihan pada bagian puncak Warope.

“Saya sudah berkordinasi dengan bapak Bupati dan juga Dinas PUPR. Bupati juga telah meminta dinas PUPR secepatnya memperbaiki. Apalagi jalan ini sangat vital karena menghubungkan tujuh desa yang ada di Kecamatan Lapandewa,” katanya.

Baca Juga :  Bintek Penyusunan LPPD, Plt Bupati Busel Minta Aparatur Tingkatkan Daya Saing

La Nilo pun berharap ketika selesai dilakukan perbaikan, tidak ada lagi masyarakat yang mengalami kecelakaan saat melintas di pendakian tersebut. (adm)

Laporan: Syahrir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1