Petani Baubau Dibantu Traktor dan Mesin Panen

112
Penyerahan bantuan Alsintan disaksikan langsung Sekda Baubau, Dr Roni Muhtar dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sultra, Budianti Kadidaa, di Kelurahan Ngkaring-ngkaring, Rabu 23 September 2020. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau memberikan bantuan berupa dua unit traktor dan satu mesin panen padi untuk digunakan petani. Penyerahan bantuan disaksikan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau, Dr Roni Muhtar dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sultra, Budianti Kadidaa, di Kelurahan Ngkaring-ngkaring, Rabu 23 September 2020.

Sekda Baubau, Dr Roni Muhtar mengatakan, bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) ini bersumber dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Ia pun merasa bersyukur, petani Kota Baubau memperoleh fasilitas ini.

-Advertisement-

Kata dia, dengan adanya fasilitas satu mesin panen ini maka proses memanen akan lebih cepat, efektif dan efisien. Terlebih akan mengurangi penggunaan tenaga manusia.

“Dalam kawasan tiga hektar hanya butuh waktu satu hari dan langsung jadi,” kata Dr Roni Muhtar usai penyerahan bantuan.

Kepala Dinas Pertanian Kota Baubau, Muhammad Rais mengaku bantuan alsintan kepada petani di Baubau terus diupayakan. Namun saat ini baru terdapat dua traktor besar dan satu unit alat panen padi.

Budianti Kadidaa saat kunjungan kerja di Karing-karing, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Rabu 23 September 2020. (Foto Ady)

“Masih ada lagi yang sementara dalam proses tender yakni 10 unit traktor rotaris, enam unit kultivator serta 10 unit pompa. Insya Allah dalam waktu dekat ini, alat-alat itu dikirim juga ke Baubau,” ujar Rais.

Kata dia, biasanya alat ini langsung diserahkan ke kelompok tani. Tapi kali ini dimasukkan ke brigade alat mesin pertanian karena jumlah yang masih terbatas dan pemeliharaannya juga lebih terjamin.

“Untuk pemanfaatannya akan menggunakan sistem pinjam. Seluruh petani di Kota Baubau berhak mengajukan peminjaman alat-alat itu,” tutupnya. (adm)

Penulis: Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Seorang Kadis di Buton Ikut Perebutkan Jabatan di Baubau