Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Pelabuhan Ferry di Wakatobi

634
Ferry Sultan Murhum II saat hendak sandar di pelabuhan Kaledupa. (Foto ASDP Baubau)

BAUBAU, Rubriksultra.com- PT ASDP Cabang Baubau bakal menambah lintasan baru untuk menghubungkan pulau-pulau di Kabupaten Wakatobi. Lintasan Kamaru-Wakatobi (Wanci-Kaledupa-Tomia-Binongko) itu rencananya diresmikan Presiden Jokowi.

“Pokoknya dalam waktu dekat ini paling lama Maret. Itu rencananya diresmikan langsung Presiden Jokowi,” kata Manajer Operasi PT ASDP Cabang Baubau, Supriadi, di kantornya, Kamis 3 Februari 2022.

Supriadi mengatakan, selain menambah lintasan baru, juga terdapat penambahan satu armada Ferry yang beroperasi di lintasan Kamaru-Wakatobi tersebut. Armada Ferry baru yang disebut Sultan Murhum II itu akan membantu armada Ferry Bahteramas II yang selama ini telah beroperasi.

- Advertisement -

Rute armada baru itu akan melayani lintasan Kamaru-Kaledupa-Tomia-Binongko. Kemudian rute Ferry Bahteramas II ditambah menjadi Kamaru-Wanci-Kaledupa.

“Sekarang kapal baru itu sudah siap, sudah sandar di Kaledupa. Begitu pula pelabuhan berlabuh sudah siap di masing-masing pulau. Hanya belum dioperasikan tinggal menunggu persetujuan lintasan dan penyerahan dari Kementerian Perhubungan ke ASDP Baubau sekaligus peresmian lintasan baru nanti direncanakan oleh Presiden,” katanya.

Dikatakan, kapal baru tersebut tergolong besar dibandingkan kapal-kapal Ferry di Sultra. Sebab dirancang khusus untuk perairan Wakatobi yang terbilang cukup ekstrem.

“Kapalnya cukup besar mampu menampung 350 orang dengan 18 kendaraan campuran,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Baca Juga :  Muspida Apresiasi Pemkab Wakatobi