Resmikan Wisata Mangrove, Arusani: Busel Ini Kaya

245
Bupati Busel, H. La Ode Arusani saat meresmikan wisata mangrove di Desa Lapandewa Makmur, Minggu 26 Juli 2020. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani mengatakan bila Busel adalah yang kaya. Tiap desa yang ada memiliki budaya dan spot wisata yang menakjubkan.

Hal itu dikatakan La Ode Arusani saat meresmikan wisata mangrove di Desa Lapandewa Makmur, Kecamatan Lapandewa, Minggu 26 Juli 2020.

-Advertisement-

Orang nomor satu di Busel ini sangat mengapresiasi masyarakat Kecamatan Lapandewa yang sudah mengambil langkah untuk memajukan Busel dari sektor pariwisata.

“Semua desa yang ada di Lapandewa ini saya acungkan jempol, saya bangga. Beberapa minggu yang lalu kita meresmikan, hari ini kita meresmikan dan informasi bulan depan kita resmikan lagi. Alhamdulillah semua yang saya harapkan, Lapandewa sudah mengambil langkah. Kita ini kaya, tiap desa ada wisata dan budayanya masing-masing,” katanya.

H. La Ode Arusani mengajak masyarakat untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya leluhur, menjaga baruga kampung lama, dan tarian atau tradisi leluhur.

Dalam kesempatan itu, Bupati Busel juga menyampaikan beberapa pembangunan yang telah dilaksanakan, mulai dari ketersediaan air minum di Batuatas dan Kadatua yang selalu mendambakan air bersih hingga peresmian lintasan Ferry yang akan memudahkan aktifitas dan perekonomian.

Termasuk pembangunan pelabuhan di Siompu, Kadatua dan Batauga. Serta pembangunan rumah sakit tipe C di Bandar Batauga.

“Kita di Lapandewa berusaha juga agar apa yang kita bangun akan bermanfaat. Tadi pak desa sudah bisik, kalau lewat Lapandesa Makmur langsung Warupe lebih dekat, kita berdoa 2021 kita jebolkan,” ucapnya.

Camat Lapandewa, La Nilo mengimbau agar masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut. Dengan begitu laut dapat terjaga khususnya wisata mangrove.

Kepala Desa Lapandewa Makmur, Ganiru menambahkan, panjang bentangan wisata mangrove sepanjang 500 meter. Jembatan wisata dibangun dengan panjang 41 meter dari anggaran Dana Desa.

Baca Juga :  Tes SKD Busel, Bertambah Dua Orang Lolos Passing Grade

“Tahun 2019 kita sudah rencanakan. Alhamudulillah sudah terealisasi. Selama ini Desa Lapandewa Makmur belum memiliki pendapatan desa. Dengan adanya ini, maka desa akan mempunyai penghasilan yang bagus. Kami sangat berharap pak Bupati bisa memperhatikan pembangunan akses jalan dan pembangunan lainnya,” katanya.

Lakina Lapandewa, Alirman sangat sangat berterima kasih kepadaBupati Busel yang tak kenal lelah membangun Busel. Ia pun mengajak masyarakat agar apa yang telah dibuat bermanfaat bagi masyarakat.

“Jangan pernah kita berpecah belah. Mari kita rawat negeri dengan menghadirkan pembangunan, jangan pernah ada pikiran jelek.Niat apa yang kita lakukan, semoga Allah selalu bersama kita,” ajaknya. (adm)

Penulis : Syahrir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry