Ribuan Peserta Pawai Ta’aruf Meriahkan Pembukaan STQH ke-VI Tingkat Butur

78

BURANGA, Rubriksultra.com – Pawai Ta’aruf yang diikuti ribuan peserta warnai pembukaan pelaksanaan seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) ke-VI tingkat Kabupaten Buton Utara ( Butur), Selasa, 26 Februari 2018.

Kafilah ppawai Ta,Ruf tersebut dilepas langsung Bupati Butur Abu Hasan yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Muhammad Yasin, Kepala Kemenag Butur, Muhammad Saleh, Kapolsek Kulisusu Kompol Ahali, Danramil Kulisusu Buhari Zau dan seluruh kepala OPD lingkup Butur.

-Advertisement-

Pawai tersebut diikuti 37 kafilah dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan se-Butur yang dimulai di Lapangan Raja Jin Kulisusu.

Marching band dan lantunan salawat badar mengiringi rombongan pawai ta’aruf dengan pengawalan pihak keamanan dari kepolisian dan SatPol PP.

Bupati Butur Abu Hasan saat memberikan sambutan mengatakan, kegiatan STQH diselenggarakan rutin secara berkala dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al Qur’an.

Selain itu juga, sebagai momen pengembangan syiar Islam dan peningkatan kualitas umat Islam.

“Momentum STQH ini, kita jadikan sebagai sarana pengembangan kualitas agama serta menghasilkan perilaku yang diteladani oleh masyarakat berdasarkan tuntunan Al-Qur’an,” katanya.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra ini berharap kepada pada kafilah, dengan keikutsertaan dalam STQH ini dapat mengaktualisasikan ajaran Islam secara damai.

Abu Hasan menyampaikan, yang bakal menjadi pemenang akan mewakili Butur dalam STQH tingkat Provinsi Sultra.

Sementara itu, panitia pelaksana STQH Butur Asilimin menerangkan, jenis-jenis lomba dalam kegiatan STQH yang diperlombakan empat cabang yakni Tilawah, Hifzil Qur’an, Tafsir Bahasa Arab, dan Menghafal Hadist.

Terdiri dari golongan putra dan putri diantaranya golongan tilawah anak-anak, golongan tilawah dewasa, golongan hafidz 1 juz dan tilawah, golongan hafidz 5 juz dan tilawah.

Selanjutnya, golongan hafidz 10 juz dan tilawah,golongan hafidz 20 juz dan tilawah, golongan hafidz 30 juz dan tilawah, golongan tafsir Al Qur’an dan menghafal Hadis.

Baca Juga :  Kodim 1429 Butur Diresmikan

Baca Juga : Kumuhnya Ruang Tunggu Pelabuhan Penyeberangan Torobulu
Untuk pelaksanaan STQ ini berlangsung mulai tanggal 26 Februari sampai dengan 28 Februari 2019.

Adapun penyelenggaraan akan dilaksanakan di gedung Islamic Center Minang-minanga, Masjid At Taqwa dan Masjid At Taufiq. (adm)

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry