RKPD 2023, Monianse: Pembangunan Harus Dinikmati Masyarakat

59
Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, saat membuka Kick Off Meeting RKPD 2023, di Zenith Premiere, Senin 20 Desember 2021. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Baubau mulai menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023. Konsep besar dalam RKPD ini adalah mewujudkan Kota Baubau yang sejahtera.

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, mewanti-wanti agar dalam penyusunan RKPD harus merumuskan hal-hal yang terukur dengan baik. Sehingga dapat memperlihatkan cita-cita kepala daerah berdasarkan visi besar Pemerintah Kota Baubau yakni maju, sejahtera, dan berbudaya.

Visi itu tentu berimplikasi pada kepuasan rakyat, apakah amanah yang diberikan rakyat selama lima tahun ini benar-benar telah dinikmati.

- Advertisement -

“Olehnya itu, perencanaan kali ini harus menjadi perencanaan yang paling strategis dalam memberikan kepuasan, karena pembangunan harus dinikmati masyarakat atas apa yang telah diamanahkan,” katanya.

Sekda Baubau, Dr Roni Muhtar menambahkan, ada tiga hal indikatif prioritas pembangunan pada tahun 2023, yaitu Kota Baubau sejahtera dari segi ekonomi, dari segi kesehatan dan dan segi Sumber Daya Manusia (SDM).

Dari segi ekonomi, kesejahteraan meliputi peningkatan produktivitas daya saing daerah, pemulihan dan pertumbuhan ekonomi kerakyatan berbasis inovasi, dan akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan secara berkelanjutan.

“Sementara sejahtera dari segi kesehatan meliputi reformasi sistem kesehatan dan inovasi pelayanan publik. Sedangkan sejahtera dari segi SDM yaitu peningkatan kesejahteraan dan kualitas sumber daya manusia, reformasi sistem pendidikan dan pemajuan kebudayaan, dan reformasi sistem perlindungan sosial,” urainya.

Rumusan prioritas pembangunan tersebut akan sejalan dengan fokus kerja Presiden 2019-2024 dan fokus pembangunan Provinsi Sultra tahun 2018-2023.

Dimana tema pembangunan Kota Baubau 2019-2023 yaitu, pada 2019 fokus pemantapan potensi ekonomi, kualitas layanan dasar dan konektivitas wilayah, 2020 fokus pada Kota Baubau tangguh dan berkelanjutan. 2021 fokus pada Kota Baubau handal dan berdaya saing. 2022 Kota Baubau maju dan berbudaya, dan 2023 Kota Baubau yang sejahtera. (adm)

Baca Juga :  Perubahan DPT Pilkades Banabungi Dinilai Bukan Tindak Pidana

Laporan : ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry