Sebanyak 16 Menara BTS Bakal Dibangun di Butur

98
Kadim SE
Kadim SE

BURANGA, Rubriksultra.com – Komitmen kuat Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara dalam menghadirkan pembangunan infrastruktur teknologi infromasi dan komunikasi di wilayah Buton Utara mendapat perhatian positif oleh pemerintah pusat.

Hal ini dibuktikan dengan keinginan Kementrian Komunikasi dan Informatika yang siap membangun 16 BTS / tower seluler di daerah tersebut. Informasi ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Buton Utara, Kadim SE saat ditemui media ini beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

Kadim mengaku bahwa pihaknya mengusulkan 19 BTS ke-Kementrian Kominfo, namun dari permintaan itu yang disepakati/dipenuhi hanya 16 BTS. Meski begitu, pihaknya sudah merasa bersyukur, apalagi kebutuhan akan tower jaringan seluler juga masih banyak dibutuhkan daerah lain di Indonesia.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh darinya, pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Buton Utara telah dimulai pengerjaannya sekitar Juli 2021 lalu dan akan terus dilanjutkan penyelesaiannya.

“Sudah ada beberapa yang jadi, ini daftarnya,” kata Kadim dengan menyerahkan lampiran kertas yang berisi laporan pembangunan BTS di sejumlah wilayah Buton Utara.

Rencana pembangunan BTS di Kabupaten Buton Utara berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kominfo meliputi, Kecamatan Bonegunu 5 BTS ( 3 sudah ada), Kecamatan Kambowa 3 BTS ( 1 sudah ada), Kecamatan Kulisusu Barat 1 BTS ( 1 sudah ada), Kecamatan Kulisusu Utara 6 BTS ( Belum Ada), dan Kecamatan Wakorumba Utara 1 BTS ( sudah ada).

Terkait waktu pelaksanaan pembangunan BTS di sejumlah wilayah yang belum dimulai pekerjaannya, Kadis Kominfo Butur mengaku belum tahu secara pasti kapan penyelesaiannya. Hal ini dikarenakan pembangunan BTS di Butur menjadi tugas dan kewenangan operator seluler di Indonesia yang tak bisa diintervensi pihak lain, termasuk penentuan lokasi yang akan dibangun BTS.

Tugas Pemkab Butur hanya memfasilitasi tim yang sudah dibentuk oleh operator seluler dalam proses survey karena semua anggaran untuk pembangunan BTS semua berasar dari Operator Seluler sebagai mitra kerja Kementrian Kominfo dalam memenuhi kebutuhan layanan komunikasi masyarakat di Tanah air.(*)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Bupati Butur: HUT RI Refleksi Tingkatkan Kualitas Diri