Sultra Tuan Rumah Rakornas KPI

21
Suasana pertemuan dengan jajaran KPI Pusat di kantor KPI, Jakarta, Selasa 12 April 2022. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tingkat nasional. Kali ini, Sultra ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sultra terus memantapkan persiapan. Hal itu ditunjukkan Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badallah, dan dua komisioner KPID Sultra, Wa Ode Nur Iman dan Asman saat pertemuan dengan jajaran KPI Pusat di kantor KPI, Jakarta, Selasa 12 April 2022.

- Advertisement -

Sementara dari pihak KPI Pusat hadir antara lain Ketua KPI Agung Suprio bersama salah seorang komisioner, Irsal Ambia, serta didampingi oleh Sekjen KPI Umri.

Pembicaraan utama menyangkut penentuan waktu pelaksanaan, mengingat masa bakti komisioner KPI periode 2019-2022 akan berakhir pada Juli mendatang. Direncanakan, rakornas dapat terlaksana paling tidak pertenghan Juli mendatang.

“Rakornas ini sesunguhnya lebih banyak mengagendaan pertemuan. Lebih banyak ke pembahasan internal, sehingga lebih banyak orang yang terlibat,” kata Komisioner KPI, Irsal Ambia.

Rakornas KPI akan dihadiri oleh seluruh komisioner dari 34 provinsi se-Indonesia. Ditambah dengan kesekretariatan masing-masing KPID. Selain itu, juga terdapat peserta dari KPI Pusat. Rencananya, akan mengundang Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin untuk membuka acara tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Badallah mengaku akan mengupayakan fasilitasi kegiatan agar dapat dilaksanakan pertengahan Juli. Hasil rapat ini akan segera dilaporkan ke Gubernur dan Sekretaris Daerah Sultra untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.

“Kita upayakan rakornas kita selenggarakan di Juli karena Juni tidak memungkinkan lagi, sebab kita juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan GTRA Summit di Wakatobi. Bapak Presiden dijadwalkan hadir pada acara tersebut sehingga kita fokus untuk menyukseskan kegiatan itu terlebih dahulu,” katanya.

Baca Juga :  Bayi Baru Lahir Wajib Didaftarkan BPJS

Sementara itu, Komisioner KPID Sultra Wa Ode Nur Iman mengungkapkan, rakornas mendatang akan didesain dengan beberapa acara lain untuk memeriahkan kegiatan.

“Kita akan coba desain konsep acara dengan menampilkan kearifan lokal serta potensi yang dimiliki Sultra. Jadi, selain rapat dan pertemuan, peserta juga akan menikmati penampilan seni budaya serta pariwisata Sultra,” katanya.

Rakornas KPI merupakan agenda tahunan yang digelar KPI Pusat untuk membahas isu-isu strategis terkait penyelenggaraan penyiaran nasional. Beberapa keputusan penting dituangkan menjadi rekomendasi bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry