Tahun Depan, Pemkab Buteng Datangkan Alat PCR

105
Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman.

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) berencana menghadirkan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) pada 2021 mendatang. Alat ini akan mempercepat perolehan hasil swab deteksi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buteng, Kasman menjelaskan, pengadaan alat PCR ini adalah amanah dari pemerintah pusat. Dimana seluruh kabupaten kota dituntut memilikinya.

“Itu sudah perintah, kita belum tahu berapa unit, tapi 2021 tetap kita adakan,” kata Kasman di ruang kerjanya, Rabu 25 November 2020.

Sembari menunggu alat itu, kata dia, sampel swab masih akan terus dikirim ke RS Bahteramas Kendari.

Mengenai kesiapan ruang laboratotium, Kasman memastikan akan menyiapkan kebutuhan tersebut. Sebab alat yang sudah dipakai tidak mungkin akan ditelantarkan.

“Kalau ada itu, mau tidak mau kita harus siap, itu sudah otomatis. Begitu pula kesiapan SDM, khan analisis kita ada, tinggal dipermantap karena dasar ilmu sudah ada,” katanya.

Kasman mengaku alat ini lumayan mahal. Namun begitu, pemerintah akan tetap berupaya untuk mendatangkan alat itu untuk mengetahui sebaran dan meningkatkan upaya pencegahan Covid-19. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  158 Ribu Hektar Aset Buteng Miliki Alas Hak