Tambah Empat Kasus Baru di Sultra, Dua Buton, Baubau dan Kendari Satu Orang

317
Data sebaran penanganan Covid-19 di Sultra per Jum'at 26 Juni 2020. (Foto Gugus Tugas Covid-19 Sultra)

KENDARI, Rubriksultra.com- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengalami penambahan. Hari ini dilaporkan terdapat penambahan empat kasus baru, Jum’at 26 Juni 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal menerangkan, kasus baru tersebut terdiri dari Kabupaten Buton dua orang, satu orang Kota Baubau, dan satu lainnya Kota Kendari.

-Advertisement-

“Dengan tambahan ini maka total konfirmasi kita menjadi 341 orang,” kata dr La Ode Rabiul Awal melalui rilisnya.

Kata dia, kasus baru dari Kota Kendari adalah pelaku perjalanan yang merupakan warga Sulawesi Selatan (Sulsel). Yang bersangkutan melakukan rapid tes untuk kembali ke daerahnya dengan hasil reaktif, lalu diikuti dengan swab TCM hasilnya terkonfirmasi positif.

Saat ini yang bersangkutan masih masuk data Kota Kendari. Pihaknya akan berdiskusi dengan Provinsi Sulsel dan Gugus Tugas Nasional untuk diverifikasi, apakah tetap di data Sultra atau Sulsel.

“Kasus berikutnya Baubau satu orang. Kemudian Buton dua orang. Dua orang dari Buton ini terdeteksi di Kota Baubau,” katanya.

dr La Ode Rabiul Awal juga melaporkan adanya tambahan dua kasus sembuh baru. Sehingga total kasus sembuh menjadi 221 orang atau 64,80 persen.

Dua kasus sembuh ini terdiri dari satu orang warga Kota Kendari dan satu warga Kabupaten Konawe Selatan.

Sementara kasus meninggal tidak ada tambahan atau tetap lima orang atau 1,46 persen. Pasien yang menjalani perawatan, isolasi atau karantina sebanyak 115 orang atau 33,72 persen.

Ketua IDI Sultra ini tak lupa mengajak masyarakat untuk selalu patuh memproteksi diri dengan sekurang-kurangnya pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan dalam menjalani tatanan normal baru.

Baca Juga :  145 Mahasiswa Stikes IST Buton Yudisium

Menurutnya, masyarakat adalah kunci pertama agar new normal ini bisa berlangsung dengan aman di masa wabah pandemi yang belum berakhir.

“Kepada gugus tugas agar terus dan terus melakukan edukasi, pencegahan, deteksi dan penelusuran di daerahya masing-masing sehingga kita segera bisa mengendalikan Covid-19 di Sultra ini,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry