Temui Menteri Tenaga Kerja, La Bakry Usul Sejumlah Program

20
Suasana pertemuan Bupati Buton dengan Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah di kantor Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta, Rabu 9 September 2020. (Foto Istimewa)

Pasarwajo, Rubriksultra.com- Bupati Buton, La Bakry fokus mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Komitmen itu diwujudkannya dengan menggelar pertemuan langsung dengan Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah di kantor Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta, Rabu 9 September 2020.

Bupati Buton, La Bakry mengungkapkan, ada tiga hal yang menjadi usulan dari Pemerintah Kabupaten Buton kepada Menteri Ketenagakerjaan RI. Pertama berkaitan dengan pengembangan kapasitas SDM, pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) dan penyempurnaan sarana dan prasarana BLK yang sudah dimiliki.

-Advertisement-

Kedua, mengusulkan program padat karya dengan berfokus pada peningkatan infrastruktur wilayah pedesaan yang berkaitan dengan wilayah-wilayah produksi pertanian seperti pembangunan jalan usaha tani. Usulan ini kiranya dapat dikerjakan secara padat karya sehingga masyarakat dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraannya.

“Ketiga berkaitan dengan bantuan subsidi upah (BSU). Kiranya dapat diporsikan untuk Kabupaten Buton,” kata La Bakry.

Orang nomor satu di Buton ini berharap Kementerian Ketenagakerjaan RI dapat mengakomodir usulan beberapa usulan tersebut pada tahun 2021 mendatang.

Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah menyambut baik usulan peningkatan dan pengembangan kapasitas SDM di Kabupaten Butona. Ia menilai banyak SDM yang dimiliki Buton untuk dimanfaatkan.

Hal ini dibenarkan pula Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan RI, Anwar Sanusi. Menurutnya, segala potensi yang dimiliki Buton hendaknya dapat dimanfaatkan oleh sumber daya manusia di Buton itu sendiri.

“Kalaupun ada tenaga dari luar hanya untuk transfer ilmu saja, tetapi pekerjaan-pekerjaan sudah seharusnya bisa dilakukan tenaga lokal di Kabupaten Buton,” ungkapnya.

Anwar menambahkan, usulan yang menyangkut padat karya dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) juga akan menjadi perhatian pihak Kementerian Ketenagakerjaan. Utamanya di masa pandemi Covid 19.

Turut hadir pada audiensi ini Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, Dirjen Bina Lantas, Budi Hartawan dan Plt. Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Buton, Simiati. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Surat Suara Rusak di Buton Capai 2.704 Lembar