Terinspirasi HPN, Dispar Buton Rencana Buat Objek Wisata Terintegrasi

117
Suasana stand Pemkab Buton di pameran HPN 2022 di Kota Kendari, Sultra. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton berencana membuat objek wisata terintegrasi. Objek wisata tersebut akan mendukung hasil olahan pertanian dan perindustrian sebagai tempat wisata kuliner dan kerajinan tangan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Buton, Rusdi Nudi menjelaskan, tujuan pembuatan tempat terintgerasi itu agar para pengunjung yang datang di Kabupaten Buton tidak lagi kesulitan. Khususnya mencari lokasi tempat kuliner dan kerajinan tangan untuk dijadikan oleh-oleh sebagai cendera mata.

- Advertisement -

“Ide ini terinspirasi saat kami hadiri Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan di Kendari, dimana Pemerintah Kabupaten Buton memamerkan sejumlah produk olahan dari pertanian, perikanan dan perindustrian,” katanya.

Kadis Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal menjelaskan, dalam rangka HPN ini, bidang pertanian memamerkan olahan kopi Kaongke-ongkea jenis robusta, jahe dan bae Sribatara jenis padi gogo.

Ma’mul menjelaskan, bae Sribatara ini sudah bersertifikat. Bae ini adalah salah satu janis padi di lahan kering yang masa panen yang terbilang cepat, sekitar 90-100 hari. Tercatat, hasil panen bae sribatara terbilang melimpah, sekali panen bisa mencapai 7-9 ton per hektar.

Sama seperti Bae Sribatara, kopi Kaongke-ongkea berjenis robusta yang memiliki aroma khas Buton juga sudah memiliki sertifikat.

“Sertifikat ini agar tidak ada lagi daerah yang mengambil jenis ini untuk di jadikan produk unggulan mereka,” ujar Kadis Pertanian Buton di stan Pameran Pemab Buton di Kota Kendari.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Buton, Ir Sadisu merincikan pada pemeran ini, pihaknya memerkan jahe bubuk dan abon ikan, ikan asap dan kaholeo.

“Olahan Ini adalah hasil dari pembinaan yang di lakukan oleh dinas perindustrian guna meningkatkan pendapatan masyarakat dan bahannya sangat melimpah di darah kami,” ujar dia. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Tuduhan Ketua DPRD Buton Rangkap Jabatan Dinilai Mengada-ada