Tuna Wisma Ditemukan tak Bernyawa di Eks Kantor Pol-PP Baubau

166
Sesosok mayat ditemukan telungkup di eks kantor Satpol PP Baubau tepatnya di bilangan pasar Laelangi sekira pukul 06.30 WITa pagi tadi, Selasa 19 Januari 2020. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Seorang tuna wisma diketahui bernama Ham Liem Heng (80) ditemukan meninggal dunia dalam posisi telungkup di eks kantor Satpol PP Baubau tepatnya di bilangan pasar Laelangi sekira pukul 06.30 WITa pagi tadi, Selasa 19 Januari 2021.

Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari membenarkan informasi itu. Kata dia, setelah mendapat kabar, pihaknya langsung menuju TKP dan didapati seorang lelaki tuna wisma telah meninggal dunia.

“Ketika diperiksa, tidak ada tanda kekerasan di tubuh jenazah. Dimungkinkan karena sakit,” katanya.

Sekretaris Yayasan Pemakaman Gunung Sari Baubau, Syarif Arifin mengungkapkan, kondisi kejiwaan Ham Liem Heng memang agak terganggu.

“Komunitas Tionghua Baubau sudah beberapa kali mencoba merangkul, memanggil menyediakan tempat tinggal yang layak. Namun hanya sehari dua hari mau, kemudian dia lari, pergi lagi,” ungkapnya.

Kata Syarif, namanya orang yang pikirannya tidak sehat, kesehariannya keliling-keliling kota, tidak menetap di satu tempat.

Namun, ada yang unik dari mendiang, dia tidak pernah mau diberi uang atau meminta-minta.

“Dia hanya terima barang-barang dagangan pemberian orang. Kemudian barang itu dijualnya kembali untuk beli makanan,” kisahnya.

Dikatakan, beberapa bulan terakhir, almarhum mengeluhkan sakit pada kakinya. Pihak keluarga sementara berupaya mengurus BPJS serta berkasnya untuk berobat ke Makassar.

“Namun takdir berkata lain. Kita tunggu pihak Satgas Covid-19 apa kebijakannya, apakah dikuburkan secara covid atau diserahkan ke kami untuk dikuburkan di pemakaman keluarga,” ujarnya.

Kabid LLAJ Dishub Baubau, Ramadhan mengungkapkan kantor itu sekarang telah ditempati Bidang lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau. Sehari sebelumnya, mendiang sempat digantikan baju dan diberi makan, tidak jauh dari TKP.

Kata Ramadhan, memang telah lama mendiang beraktifitas disudut kantor tersebut.

Baca Juga :  Parkir Depan Kampus UMB dan RS Siloam Bakal Ditarik Retribusi

“Makan, tidur dan tempat buang airnya diselokan itu. Namun kita maklum saja, kita hanya bisa memperhatikan semampu kami dengan memberi makan,” tutupnya.

Jenazah kemudian dibawa ke RSUD oleh tim Satgas Covid-19 Baubau untuk pemeriksaan lebih lanjut. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry