UHO Dorong Transformasi Perpustakaan

67
Suasana pelatihan pengolahan bahan pustaka yang dinisiasi UPT Perpustakaan UHO, Selasa 12 Juli 2022. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra– Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mendorong perpustakaan agar bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Tentunya dengan memanfaatkan teknologi.

“Saat ini semua harus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman termasuk di dunia perpustakaan,” kata Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu, saat pelatihan pengolahan bahan pustaka yang dinisiasi Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Perpustakaan UHO, Selasa 12 Juli 2022.

Dulu, kata dia, buku harus dicari satu per satu berdasarkan spesifikasi keilmuan. Saat ini hal itu sudah tidak relevan.

- Advertisement -

“Sekarang dengan kemajuan teknologi, tidak lagi. Sekarang dengan memanfaatkan teknologi, tinggal ketik judul atau kata kunci kita bisa langsung dapat bukunya,” katanya.

Untuk itu, melalui kegiatan yang digelar UPT Perpustakaan UHO, Ia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan para pustakawan dan petugas perpustakaan dalam pengelolaan bahan pustaka, sehingga dapat memudahkan mahasiswa.

Kepala UPT Perpustakaan UHO, Muh. Alim Marhadi menambahkan, kegiatan ini diikuti seluruh pustakawan dan staf perpustakaan se-Universitas Halu Oleo, dengan metode pelatihan 2 sesi yakni ada teori dan praktik. Kegiatan yang melibatkan pustakawan dan petugas perpustakan lingkup UHO ini dimaksudkan untuk menggenjot profesionalisme pengelolaan perpustakaan.

“Pelatihan mengenai pengolahan perpustakaan bertujuan untuk memberikan modal bagi staf perpustakaan agar dalam proses pengolahan dan perawatan bahan pustaka dapat berjalan lancar,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti 44 peserta dengan durasi waktu selama 3 hari menerima materi teori maupun praktek dari pemateri yang memiliki pengalaman dalam pengelolaan perpustakaan. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  UHO Buka Vaksinasi Massal, Target 750 Orang