UMKM Sultra Go Digital, Go Ekspor

36
Gubernur Sultra, Ali Mazi, saat memberikan sambutan dalam UMKM Sultra Expo 2022, di pelataran MTQ Kendari. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk terus mengembangkan diri. Pelaku UMKM saat inipun dituntut menguasai teknologi dalam menawarkan produk berbasis digital hingga membuka peluang ekspor hingga ke luar negeri.

Sejumlah upaya juga dilakukan Pemprov Sultra. Salah satunya dengan menggelar UMKM Sultra Expo 2022, bertajuk “UMKM Sultra Unggul: Go Digital, Go Ekspor” dengan hastag #GoUMKMSultra.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi, di pelataran MTQ Kendari. Giat yang buka sejak 21-23 Juli tersebut juga dirangkaikan pula dengan launching Bank Sultra Mobile.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno serta Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, turut hadir secara virtual untuk memberikan sambutan pada acara akbar pelaku usaha kecil dan menengah di Sultra itu.

Menteri UKM, Teten Masduki mengucapkan selamat atas terselenggaranya UMKM Expo Sultra 2022. Menurutnya, acara ini merupakan bentuk nyata dan membantu mengembangkan potensi pelaku UMKM di Sulawesi Tenggara.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, beserta sejumlah pejabat, saat menghadiri UMKM Sultra Expo 2022. (Foto Istimewa)

“Melalui perhelatan Sultra UMKM Expo Sultra 2022 dapat terus memacu jumlah UMKM di ekosistem digital serta meningkatkan daya beli produk UMKM unggulan Provinsi Sultra dan saya mengajak seluruh UMKM Sultra berpartisipasi untuk menyukseskan acar UMKM Expo Sultra 2022 ini,” harapnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan UMKM Sultra Expo yang merupakan hasil kerja dan kalaborasi antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Bank Indonesia Provinsi Sultra, OJK, dan Bank Sultra.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras dari segenap panitia dan rekan-rekan Bank Indonesia, OJK, BPD Sultra serta rekan-rekan dari OPD yang turut mendukung lancarnya kegiatan UMKM Sultra Expo hingga pada hari ini. Kegiatan ini tentu sebagai upaya kita dalam pengembangan UMKM ke depan,” katanya.

Baca Juga :  Relawan Pendukung Prabowo Sandi Segera Deklarasi di Kepton

Diawal acara, panitia kegiatan menampilkan fashion show tenun khas daerah sultra yang dilanjutkan pengukuhan personalia HEBITREN Sultra yang dikukuhkan langsung oleh Wakil Ketua Umum HEBITREN Provinsi Sultra, Abdul Hamid Wahid Zaini. Pengukuhan berdasarkan SK 017/01/SK/DPW/DPP HABITREN/VII/2022, periode 2022-2027.

HEBITREN Sultra sebagai pusat pendidikan, pusat dakwa, dan pusat pemberdayaan masyarakat juga diharapkan menjadi basis dari sistem sekaligus pemberdayaan ekonomi bisnis syariah sebagai alternatif pertumbuhan yang berdaulat mandiri dan berdaya saing serta proaktif dalam menggalang wujud nasional Indonesia sebagai basis ekonomi keuangan syariah khususnya di Sultra.

HEBITREN juga diharapkan menjadi holding ekonomi dan bisnis pondok pesantren, menuju pondok pesantren mandiri berbasis digital.

“Mudah-mudahan hadirnya HEBITREN Sultra dapat banyak membantu bapak Gubernur dalam memajukan ekonomi kerakyatan, keumatan, kebangsaan, dan kenegaraan berbasis syariah di Sultra,” jelas Wakil Ketua HEBITREN Sultra, Abdul Hamid Wahid Zaini.

KPW BI Sultra, Doni Septadijaya mengatakan, UMKM Sultra Expo menjadi puncak pameran bagi puluhan UMKM demi memperluas jagkauan pasar.

Dikatakan, sebanyak 44 UMKM akan menampilkan ragam produk unggulannya serta sekaligus menikmati ragam hiburan menarik yang disajikan yang berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 21-23 Juli 2022 dipelataran MTQ Kota Kendari.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota DPR RI Komisi II Bahtra, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Forkopimda Prov. Sultra, Pj. Sekretaris Daerah Asrun Lio, Kepala Perwakilan Direktur Bank Sultra Doni Septadijaya, Kepala OJK Prov. Sultra Ajaya Dwi Raya, Kakanwil Kemenkuham Prov. Sultra Silvester Sili Laba, Anggota DPRD Prov. Sultra.

Acara ini juga turut dihadiri Bupati/Wali Kota se-Sultra, Pimpinan Tinggi Pratama Provinsi Sultra, Jajaran Komisaris Bank Indonesia, Direktur Utama Bank Sultra Abdul Latif, Pimpinan Perbankan dan BUMD Sultra serta Civitas Academik Perguruan Tinggi/ Asosiasi dan para pelaku UMKM. (adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry