Upacara Hardiknas di Baubau Kental Nuansa Budaya

34
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, La Ode Aswad.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kota Baubau akan diselenggarakan besok, Jumat 13 Mei 2022. Jalannya upacara tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, sebab kental dengan nuansa budaya.

“Tahun ini sesuai surat edaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tentang pedoman peringatan Hardiknas 2022 itu, pelaksanaan upacara menggunakan baju adat,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, La Ode Aswad, di kantornya, Kamis 12 Mei 2022.

- Advertisement -

Peserta laki-laki menggunakan kampurui atau ikat kepala dan sarung tenunan Buton sedangkan perempuan menggunakan syal kain Buton.

Kata dia, peringatan Hardiknas sejatinya digelar pada 2 Mei 2022 lalu, namun karena bertepatan dengan hari libur lebaran maka diundur 13 Mei sesuai surat edaran Kemendikbudristek.

La Ode Aswad menjelaskan, sesuai amanah surat itu, upacara dilaksanakan meriah tapi sederhana dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

“Seperti biasa undangan maupun peserta kita batasi jumlahnya. Upacara besok dihadiri Forkopimda dan pejabat eselon II. Sementara peserta upacara SD SMP dan SMA masing-masing dua peleton,” katanya.

Selain pakaian adat, biasanya peserta upacara diundang dari murid-murid sekolah terdekat dari kantor wali kota. Namun sekarang berbeda, peserta upacara diundang dari sekolah-sekolah terjauh jaraknya seperti SD di Gonda dan di Palabusa.

“Supaya mereka hadir bersama upacara resmi disini. Kita coba tradisikan ini sehingga ada keseimbangan, intinya agar ada rasa memiliki terhadap daerah ini,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Kunjungi Kakek La Udu, Wali Kota Baubau Bakal Bangunkan Rumah