Wagub Tinjau Situs Sejarah dan Pengibaran Bendera di Bawah Laut Konkep

27
Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, saat berkunjung ke Kabupaten Konawe Kepulauan. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, meninjau situs sejarah jatuhnya pesawat pembom sekutu B42 milik Amerika Serikat saat perang dunia II di Desa Landianta, Wawonii Timur. Sekaligus menginspeksi persiapan pengibaran bendera merah putih di bawah laut yg berlokasi di area pantai Kampa, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sabtu 30 Juli 2022.

Peninjauan dilakukan untuk menyukseskan peringatan HUT RI ke-77. Dalam kunjungannya, Wagub didampingi  Danlanud Haluoleo, Kolonel Penerbang, Andy Ferdinand Picaulima.

Wagub Sultra, Lukman Abunawas berharap, pemerintah setempat bisa melestarikan situs sejarah yang ada di daerah Kabupaten Konkep untuk dijadikan media pendidikan dan media pengingat sejarah perjuangan anak bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Pemerintah daerah Konawe Kepulauan agar melestarikan situs sejarah ini, agar dapat menjadi sarana pendidikan dan sarana wisata sejarah bangsa Indonesia,” tegas Wagub.

Wagub Lukman Abunawas juga berharap proses pengibaran bendera merah putih di bawah laut saat perayaan hari kemerdekaan nanti bisa berjalan lancar dan sesuai rencana.

“Kunjungan ke lokasi jatuhnya pesawat pembom milik Amerika tersebut serta melihat persiapan pengibaran bendera merah putih di bawah laut saat perayaan HUT kemerdekaan adalah manifestasi pemerintah Sultra dalam rangka memelihara situs sejarah dan semangat kemerdekaan,” tandasnya.

Dalam kunjungan ini, Kolonel Penerbang Andy Ferdinand Picaulima juga memberikan keterangan terkait kronologis sejarah jatuhnya pesawat pembom tersebut kepada Wakil Gubernur Sultra. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Kasus Sembuh di Sultra Bertambah Jadi 340 Orang