Wali Kota Baubau Beberkan Delapan Fungsi yang Harus Dimiliki Keluarga

15
Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin saat memberikan sambutan peringatan Harganas ke-27 di Rujab Wali Kota Baubau, Senin 29 Juni 2020. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin membeberkan delapan fungsi yang harus dimiliki sebuah keluarga. Fungsi ini harus dimiliki untuk menghadapi perkembangan zaman, apalagi di tengah pendemi saat ini.

Delapan fungsi itu diantaranya fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi dukungan.

-Advertisement-

“Supaya terbentuk fungsi keluarga secara utuh, maka dapat disandingkan dengan empat konsep ketahanan keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi,” kata Dr AS Tamrin di Rujab Wali Kota Baubau, Senin 29 Juni 2020.

Olehnya, orang nomor satu di Baubau ini berharap besar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 bukan hanya menjadi ajang promosi keluarga saja.

Doktor jebolan IPDN Jatinangor ini menilai untuk menciptakan keluarga yang harmonis maka salah satu cara yang harus ditingkatkan adalah mensukseskan program keluarga berencana (KB). Seluruh stekholder pengambil kebijakan harus mendorong percepatan program KB dan pembangunan keluarga dalam mewujudkan masyarakat Kota Baubau yang maju, sejahtera, dan berbudaya.

“Tanpa adanya bantuan dan sokongan untuk mendorong percepatan pembangunan keluarga berencana, maka dihawatirkan kondisi permasalahan kompleks dalam keluarga akan muncul, apalagi di tengah pandemi saat ini,” katanya.

Orang nomor satu di Baubau ini merinci beberapa permasalahan yang timbul dalam keluarga bila terjadi angka kehamilan yang tinggi. Salah satunya masalah kekerasan dalam rumah tangga, terganggunya psikologis anak yang rentan stres karena terbatasnya ruang belajar dan ruang bermain, dan lain sebagainya.

“Keluarga harmonis akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan segala kekuatan menghadapi perkembangan zaman, itu yang paling penting apalagi menghadapi masa pandemi seperti saat ini,” katanya. (adm)

Baca Juga :  Tahun Ini, Jalan Lingkar Ditembuskan ke Waborobo

Penulis : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry