Ziarah Makam Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo, Semangat Membangun Daerah

223
Ketua Pokdarwis Dadi Mangura Keraton Molagina, Muh. Asrul Salam saat berziarah ke makam Oputa yi Koo, Selasa 10 November 2020. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dadi Mangura Keraton Molagina turut memperingati momentum Hari Pahlawan ke-75 yang jatuh pada 10 November 2020. Peringata dilakukan dengan berziarah ke makam Pahlawan Nasional, Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau dikenal dengan Oputa Yi Koo.

Ketua Pokdarwis Dadi Mangura Keraton Molagina, Muh. Asrul Salam mengatakan, momentum hari pahlawan adalah momen bersejarah untuk terus diperingati. Terlebih saat ini masyarakat Buton telah memiliki Pahlawan Nasional, Oputa Yi Koo.

Kata dia, sebagai generasi muda penting mengambil nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kegigihan dan semngat juang yang tinggi para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

“Ini harus kita terapkan dan aplikasikan dalam kehidupan kita untuk terus semangat dalam berkarya dan berekspresi membangun daerah tercinta, Kota Baubau,” katanya.

Muh. Asrul Salam mengatakan, kegiatan ziarah kubur ini menjadi agenda tahunan Pokdarwis dalam memperingati hari pahlawan. Hal ini telah didesain dan teragendakan.

“Rencana awal, Pokdarwis ingin mengundang beberapa lembaga untuk bersama-sama. Namun karena saat ini pandemi maka yang ikut serta hanya pengurus Pokdarwis saja, itupun kami batasi yang berziarah,” katanya.

Ia berharap generasi muda bisa mengambil nilai-nilai perjuangan pahlawan dengan mengambil peran strategis dalam upaya bersama-sama membangun daerah.

Kegiatan ini diawali dengan membersihkan makam dilanjutkan dengan “Pobubusi”. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Baca Juga :  Kenaikan Harga Picu Inflasi di Baubau