Dinkes Baubau Nekat Masuk “Kafe”

“Kegiatan sosialisasi dan pencegahan terus kita gelorakan. Bahkan kita masuk biar di Kafe (Baca : Tempat Hiburan Malam) untuk mensosialisasikan bahaya penyakit ini,” Kadis Kesehatan Baubau, dr Edy Natsir.

BAUBAU, Rubriksultra.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, dr. Edy Natsir tak menampik terdapat catatan mengenai penderita HIV AIDS di Kota Baubau. Jumlah penderita kumulatif selama 10 tahun pun bahkan telah mencapai ratusan penderita.

“Kalau angka saya tidak bisa sebut. Karena kalau angka saya tidak bisa hafal ya. Tapi ada, kota terbuka kayak Baubau ini jelas ada,” kata Edy Natsir belum lama ini.

- Advertisement -

Kata dia, penderita yang terlapor selama ini secara kumulatif. Namun sebagian dari penderita ini telah meninggal dunia.

“Kalau meninggal tidak usah kaget karena penyakit ini memang mematikan. Ketika sudah kena maka tidak ada obatnya makanya yang kita lakukan sekarang adalah meningkatkan pencegahan,” katanya.

Caranya yakni dengan meningkatkan sosialisasi seluas-luasnya. Masyarakat perlu ditanamkan wawasan bahwa AIDS itu penyakit mematikan dan jangan coba-coba mendekat.

“Kegiatan sosialisasi dan pencegahan terus kita gelorakan. Bahkan kita masuk biar di Kafe (Baca : Tempat Hiburan Malam) untuk mensosialisasikan bahaya penyakit ini,” tukasnya.

Selain itu, sosialisasi juga menyasar siswa sekolah. Hal ini perlu agar anak didik kita itu dan bisa menghindari penyakit ini dengan berbagai cara penularan.

“Intinya semua kalangan. Kalau tenaga kerja kita masuk lewat dinas tenaga kerja. Kalau tidak bisa secara keseluruhan maka kita undang yang mewakili. Sosialisasi lintas sektorlah istilahnya,” katanya. (adm)

 

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  BKPSDM Baubau Belum Terima Juknis Pemberkasan CPNS