Isi Kemerdekaan, Pemkab Butur Tingkatkan Kebersihan Lingkungan Kantor

Tim Penilai (Kelompok B dan C) berpose bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah Dinas Pertanian Kab. Buton Utara, Selasa 13 Agustus 2019. (FOTO ILHAM)

BURANGA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan kebersihan lingkungan kantor. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk lomba antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Lomba yang diadakan Pemkab Butur bekerja sama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Butur inipun mendapat sambutan positif dari sejumlah kalangan. Lomba ini dinilai efektif bukan hanya sebatas mengisi kemerdekaan, melainkan berdampak pada suasana lingkungan kantor yang sehat dan nyaman.

- Advertisement -

Koordinator tim penilai lomba, Budianti Kadidaa menjelaskan, ada beberapa aspek dan kriteria yang menjadi fokus penilaian lomba kebersihan, seperti ketersediaan ruang kerja, misalnya ruang pimpinan, ruang rapat, ruang tunggu tamu, dan mushalah.

“Masing-masing memiliki indikator tersendiri dalam penilaian. Begitu juga aspek lainnya seperti penanganan sampah, kebersihan MCK dan estetika kantor baik didalam ataupun diluar gedung,” kata Budianti Kadidaa yang juga menjabat Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Butur ditemui kantor Bupati Butur, Selasa 13 Agustus 2019.

Selain itu, sarana dan prasarana kantor seperti ketersediaan perlengkapan ruangan kerja, mulai dari lambang negara, bendera, struktur organisasi, visi misi Bupati dan Wakil Bupati, serta ketersediaan parkiran kendaraan ikut menjadi fokus penilaian.

Pun demikian, ketersediaan sarana dan prasarana kebutuhan kantor harus tertata dengan baik dan memiliki nilai estetika. Bila tak terpenuhi maka akan menjadi catatan tim penilai.

Kata dia, tim penilai lomba yang terlibat berjumlah 15 orang dibagi dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok berjumlah lima orang yang menilai 11 OPD.

Kelompok A dikoordinir Ketua TP PKK Buton Utara, Sitti Rabia Abu Hasan, kelompok B dikoordinir oleh Budianti Kadidaa dan tim C dipimpin oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mohammad Amaluddin Mokhra. (adm)

Baca Juga :  DPRD Butur Godok Tujuh Raperda Inisiatif

Penulis : Ilham

Facebook Comments