Pemkab Wakatobi Perkuat Perencanaan Pembangunan Desa dan Kelurahan

WAKATOBI, Rubriksultra.com- Bupati Wakatobi, H Arhawi mengimbau kepala desa (Kades) dan lurah untuk memahami perencanaan program pembangunan di wilayahnya. Khususnya program yang menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Dengan lebih memahami perencanaan pembangunan, dipastikan penyelenggaraan pemerintahan akan berjalan baik. Seluruh potensi akan tereksplor dengan baik demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

- Advertisement -

“Sumber daya disetiap desa dan kelurahan itu cukup besar, namun terkadang tidak tereksplor semua. Sehingga melalui rakor ini sangat penting diikuti kades dan lurah,” ungkap Arhawi saat membuka rapat koordinasi sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dengan desa dan kelurahan Kabupaten Wakatobi di Kaledupa Selatan, Senin 16 September 2019.

Arhawi menegaskan, sangat penting kades dan lurah memahami penyusunan program. Sebab desa dan kelurahan menjadi ujung tombak pemerintah pusat.

“Olehnya pemerintah pusat berharap besar pengelolaan anggaran yang masuk di desa bisa sinkron,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wakatobi, H Husnan mengatakan, rakor itu sangat perlu diikuti kades dan lurah karena dalam penganggaran banyak hal yang harus dipahami kades dan lurah.

“Terkait perencanaan banyak hal yang harus dipahami. Pembangunan di desa dan kelurahan harus mengacu pada perencanaan pembangunan daerah. Selama ini masih ditemui ada kades dalam merancang program tidak berkoordinasi dengan Pemkab Wakatobi,” kata H Husnan.

Peliput: Kurniawati

Facebook Comments
Baca Juga :  Bandara Maranggo Resmi Diserahkan ke Wakatobi