Pemkab Busel Beri Perhatian Khusus Kepada Veteran di Hari Pahlawan

122
Sekretaris Daerah (Sekda) Busel, La Siambo saat menyerahkan bingkisan kepada para veteran. (FOTO ISTIMEWA)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) memberikan perhatian khusus kepada veteran pejuang kemerdekaan yang bermukim di selatan pulau Buton itu. Salah satunya dengan memberikan penghargaan pada perayaan Hari Pahlawan yang digelar di halaman SMPN 1 Batauga, Minggu 10 November 2019.

“Tiap tahun kita memberikan penghargaan berupa bingkisan ala kadarnya kepada para pahlawan pejuang kemerdekaan itu. Ini bentuk perhatian kepada veteran yang tinggal di Buton Selatan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Busel, La Siambo usai menjadi inspektur upacara hari pahlawan.

Kata dia, veteran yang tercatat di Busel ada delapan orang. Namun sebagian dari mereka sudah ada yang meninggal dunia.

Para veteran ini sebagian besar putra daerah Buton yang memperjuangkan kemerdekaan di daerah lain seperti di Indonesia timur. Olehnya, perhatian ini kedepan akan terus ditingkatkan dan dikembangkan.

La Siambo mengajak agar momentum hari pahlawan dijadikan sebagai media untuk intropeksi diri. Mengenang jasa pahlawan serta menerapkan semangat nilai-nilai perjuangan kepahlawanan dalam kehidupan masa kini.

“Teladani semangat nilai-nilai kepahlawanan sebagai pembentukan moral dan etika,” katanya.

Kata dia, nilai dan semangat dan pahlawan terdahulu penting untuk diimplementasikan sebagai salah satu modal untuk membangun bangsa. Berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing dalam memajukan pembangunan didaerah.

“Marilah menjadi pahlawan masa kini. Tunjukan melalui prestasi yang membanggakan serta dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara,” tutupnya.

Usai upacara, Sekda Busel, La Siambo beserta unsur Forkopimda melakukan ritual tabur bunga di tepi pantai taman eks pasar Laompo. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Kerusakan Fasilitas di Busel Butuh Rp 6 Miliar