MTQ Buton Perebutkan Tujuh Cabang Lomba

Alimani

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang ke-46 tahun 2020 tingkat Kabupaten Buton akan dihelat di Kecamatan Lasalimu Selatan. Tujuh cabang lomba akan diperebutkan pada even dua tahunan itu.

Tujuh cabang lomba tersebut diantaranya, lomba seni baca Al-Quran, lomba hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Kaligrafi Al-Quran, dan terakhir karya tulis ilmiah Al-Quran (KTIQ).

- Advertisement -

Ketua panitia MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Buton, Alimani mengatakan, pelaksanaan MTQ Buton dijadwalkan berlangsung selama empat hari. Terhitung mulai 29 Februari dan berakhir pada 3 Maret 2020.

“Insya Allah dibuka langsung Bupati Buton pada 29 Februari di lapangan bola Desa Ambuau Indah, Kecamatan Lasalimu Selatan,” kata Alimani yang juga menjabat Asisten I Setda Buton ini di ruang kerjanya, Rabu 19 Februari 2020.

Namun beberapa cabang ini masih terbagi lagi dalam beberapa kategori golongan dan bidang.

“Misalnya, pada cabang seni baca Al-Qur’an terdiri dari golongan tartil Al-Qur’an dimana salah satu bidangnya tajwid,” jelasnya.

Tiap peserta lomba akan dinilai dewan hakim yang telah memenuhi kualifikasi dibidangnya. Bagi pemenang lomba, selain mendapat hadiah juga akan menjadi perwakilan Buton di MTQ tingkat Provinsi Sultra.

Terkait kesiapan, Alimani mengaku sudah melakukan sejumlah persiapan untuk menyukseskannya. Diantaranya telah menyiapkan lokosi pembukaan, penginapan kafilah dan dewan juri.

“Temasuk lokasi pelaksanaan lombanya. Lokasinya disesuaikan dengan karakter bidang lomba,” katanya. (adm)

Peliput : Afrizal

Facebook Comments
Baca Juga :  Pj. Bupati Buton Hadiri Rakor Inflasi dan Stabilisasi Pangan Jelang HBKN 2024