Buteng Tambah Tiga Kasus Baru, Total Positif 18 Orang

dr Karyadi (kanan)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Buton Tengah (Buteng) merilis laporan tambahan tiga kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu 16 Mei 2020.

Dengan adanya tambahan ini, maka total kasus di Buteng kini menjadi 18 orang.

- Advertisement -

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Buteng, dr Karyadi dalam rilisnya menjelaskan, keseluruhan kasus positif dari klaster KM. Ngapulu. Sebelumnya 160 penumpang kapal Ngapulu dengan status OTG telah dilakukan pemeriksaan rapid tes secara keseluruhan.

Dari 160 orang tersebut didapatkan 24 orang reaktif. Selanjutnya dilakukan swab PCR.

“Kemarin dari provinsi sudah menyampaikan hasilnya tapi baru 20 orang dengan hasil 15 positif. Hari ini kami dapat laporan tiga orang tambahan positif sehingga jumlah menjadi 18 orang. Sementara satu orang lainnya masih menunggu karena hasil pemerikaan belum disampaikan kepada kami,” katanya.

dr Karyadi merinci sebaran 18 pasien yang terkonfirmasi positif tersebut. Diantaranya Kecamatan Mawasangka Timur dua orang, Mawasangka tengah 10 orang, Mawasangka empat orang dan Kecamatan Gu dua orang.

Dalam waktu dekat, kata dia, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan rapid tes untuk kapal Dorolonda dan beberapa kapal yang baru akan tiba. Pemeriksaan tentu disesuaikan dengan SOP yang ada.

“Begitu juga dengan kontak erat ke-18 pasien. Kita akan lakukan pemeriksaan dan surveilans ulang,” katanya.

Direktur RSUD Buteng ini berharap dengan penjaringan ketat tersebut bisa meminimalisir persebaran dan akan terpetakan. Dengan demikian penanganan akan lebih selektif sebab dikhawatirkan OTG yang positif tanpa pengawasan dan isolasi akan menularkan kepada masyarakat lainya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Jelang Pilkada 2024, KPU Buteng Rekrut 226 Badan Adhoc