Gempa di Kolaka

Hasil pemodelan pusat gempa berkekuatan 3,2 SR yang mengguncang wilayah Kolaka, Jum'at 5 Juni 2020. (Foto BMKG)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gempa bumi baru saja mengguncang wilayah Kabupaten Kolaka. Gempa tercatat terjadi tepat pukul 15:38:17 WITa, Jumat 5 Juni 2020

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia dalam rilisnya menyatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo 3,2 Skala Richter (SR).

- Advertisement -

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.90 LS, 121.72 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21,9 kilometer timur laut Kolaka pada kedalaman 10 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Kolaka di timur laut Kolaka.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kolaka II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 16.30 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” katanya.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Media Bakal jadi Raport Penyelenggara Pemerintahan di Kolaka