Kawasan Wisata Air Terjun Tirta Rimba di Baubau Dipenuhi Sampah

Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Baubau bersama KPH Unit V Wakonti membersihkan sampah di kawasan konservasi Tirta Rimba, Senin 10 Agustus 2020. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kawasan wisata Air Terjun Tirta Rimba yang terletak di Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau dipenuhi sampah. Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Baubau bersama KPH Unit V Wakonti pun bergerak membersihkan kawasan konservasi itu, Senin 10 Agustus 2020.

Kepala Wilayah I BKSDA Baubau, Prianto mengatakan, aksi tersebut sebagai bentuk edukasi lingkungan di Hari Konservasi Nasional yang diperingati setiap tanggal 8 Agustus.

- Advertisement -

Kata Prianto, kesadaran masyarakat terhadap lingkungan masih menjadi masalah utama dalam upaya konservasi. Fasilitas tempat sampah yang telah disediakan belum dimaksimalkan.

“Kami juga melihat untuk fasilitas tempat sampah juga masih minim, apalagi lahan wisata ini sekitar setengah hektar sehingga membutuhkan lebih banyak fasilitas,” katanya.

Menurut Prianto, kawasan Tirta Rimba merupakan salah satu destinasi wisata utama yang terdapat di dalam perkotaan. Tiap akhir pekan, ratusan pengunjung lokal berkunjung dan memadati area permandian.

“Mereka membawa makanan dan botol kemasan plastik yang dibuang dimana-mana. Selain itu, tindakan vandalisme juga masih dilakukan dengan cara merusak atau menulis dinding kapur yang dialiri air sungai,” tuturnya.

Hal lain juga yang menjadi ancaman kelestarian kawasan adalah aktifitas penebangan liar di sekitar perbatasan hutan konservasi. Juga terdapat fasilitas penampungan air minum untuk hampir sebagian besar masyarakat pulau Buton yang juga menjadi ancaman kelestarian Tirta Rimba sebagai penghasil karbon dan oksigen. (adm)

Penulis : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Bangun Perpustakaan Berbasis Digital, Baubau Keciprat Rp 10 M