Ini Rangkaian Pelaksanaan HUT RI ke-75 di Sultra

Suasana rapat kordinasi HUT Kemerdekaan RI ke 75 yang dipimpin Sekda Sultra, Nur Endang Abbas, Senin 10 Agustus 2020. (Foto Istimewa)

Kendari, Rubriksultra.com- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan beberapa kegiatan dalam rangkaian pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI ke-75. Rangkaian ini ditetapkan dalam rapat kordinasi yang dipimpin Sekda Sultra, Dr Nur Endang Abbas di Kendari, Senin 10 Agustus 2020.

Kata Nur Endang Abbas, rangkaian dimulai pada 13 Agustus 2020 dengan agenda pengukuhan Paskibra di Rujab Gubernur Sultra. Lanjut tanggal 15 Agustus 2020 dengan kegiatan baksos dan pembagian masker sebanyak 2.221 titik.

“Jumlah 2.221 titik ini merupakan akumulasi sejak atau awal pandemik virus corona sampai sekarang,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan tanggal 16 Agustus 2020 dengan agenda kehormatan atau renungan suci di Taman Makam Pahlawan Baruga.

Acara puncak pada tanggal 17 Agustus 2020, upacara pengibaran bendera Merah Putih di Pelataran Rujab Gubernur pukul 08.00 WITa. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Gubernur Sultra, H. Ali Mazi.

Di hari yang sama, kegiatan dilanjutkan pukul 10.00 WITa yakni virtual siaran langsung pengibaran sang merah putih langsung dari Istana Jakarta di ruangan Merah Putih Rujab Gubernur. Pukul 11.00 wita acara Sidang Istimewa di Gedung DPRD Sultra, dan pukul 17.00 wita upacara penurunan Bendera Merah Putih.

“Untuk tema HUT Kemerdekaan tahun 2020 tingkat Sultra adalah Sultra Sejuta Masker,” katanya.

Dikatakan, jumlah undangan menghadiri upacara HUT terbatas karena berdasarkan protokol kesehatan Covid19. Adapun undangan peserta upacara yaitu Forkopimda Sultra, kepala OPD, dan Organisasi Kemasyarakatan.

“Untuk pakaian dibagi dua, lakaian upacara yakni pakaian Sipil Lengkap (PSL) dan pakaian virtual (Vicon) adalah pakaian adat Sultra,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Pj Gubernur Sultra Hadiri Rakorgub tahun 2024